Bantu Warga Miskin, Pemkot Bandung Gulirkan Program Family For Family

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Membantu warga miskin, Pemkot Bandung mengajak masyarakat menjadi keluarga asuh lewat program family for family.


“Tahun 2017 ini, Pemkot Bandung akan fokus mengentaskan kemiskinan dengan jalur cepat. Makanya, selain yang sudah disiapkan APBD, juga keterlibatan partisipasi masyarakat,” ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, kepada wartawan, Senin (23/1).

Lelaki yang akrab disapa Emil ini mengatakan, ini adalah program satu keluarga mampu, membantu keluarga kurang mampu di Kota Bandung.

“Keunggulan program ini, dua keluarga bisa menjadi saudara. Ini kan bagus secara Pancasila dan sosiologi,” tuturnya.

Dengan program ini, bisa memonitor sang anak bersekolah di mana, ibunya bisa diberi modal usaha, dan ayahnya bisa dicarikan pekerjaan.
Program ini melibatkan relawan, untuk menyalurkan bantuan apa yang dibutuhkan oleh keluarga tidak mampu.

“Jadi nanti para relawan ini yang akan mendata, apa saja yang dibutuhkan, misalnya mesin jahit, atau apa pun. Nanti mereka juga yang menyaluran. Ini mencegah pemberian uang, yang nantinya malah tidak akan efektif. Jadi memang tidak akan ada pembagian dalam bentuk uang,” papar Emil.

Data ini, nantinya bisa diakes di web khusus. Sehingga, yang bisa menjadi keluarga asuh bukan hanya warga Kota Bandung, tapi bisa dari mana saja, bahkan dari luar negeri.
Salah satu contohnya, lanjut Emil, ada pengusaha asal Jakarta yang tertarik dengan program ini, dan bersedia menjadi keluarga asuh bagi seribu keluarga.

“Jadi keluarga yang mau membantu bisa dari mana saja,” terangnya.

Keluarga asuh ini, satu keluarga minimal ‘mengasuh’ keluarga tidak mampu dalam satu tahun ke depan. Dengan asumsi kebutuhan satu keluarga membutuhkan Rp10 juta -Rp15 juta per tahun.

“Program ini baru akan dimulai pada Februari mendatang,” pungkasnya. (mur)‎

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …