Atasi Banjir, Pemkot Bandung Lelang Basement Pagarsih Pekan Depan

Mobil hanyut terseret arus banjir di Bandung.

Mobil hanyut terseret arus banjir di Bandung.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Dinas Pekerja Umum  Kota Bandung, memastikan tidak akan ada lagi kejadian mobil hanyut ke sungai seperti yang terjadi di tahun 2016.


Hal tersebut ditegaskan dengan rencana dibangunnya basement air Pagarsih di Sungai Citepus. Basement yang akan dibangun dibawah jalan dengan memperlebar Sungai Citepus sepanjang 300 meter dan lebar 4 meter.

Kepala PU Kota Bandung, Iskandar Zulkarnaen, menuturkan proyek basement Pagarsih ini akan dilelang pekan depan dengan nilai kontrak Rp 20 miliar.

Menurut Zul, saat ini anggaran untuk mengatasi banjir di beberapa titik Kota Bandung sebesar Rp 100 miliar, masih dievaluasi Gubernur. “Mudah-mudahan tak ada perubahan sehingga penanganan banjir sesuai rencana,” harap Zul.

Proyek untuk mengatasi banjir, Pemkot Bandung berencana membangun danau retensi Babakan Jeruk, Kebon Jeruk, gorong-gorong Pasteur, danau retensi Sirnaraga, danau retensi Bima, pembuatan basement sepanjang Pagarsih, danau retensi Cikutra (Taman Makam Pahlawan), danau retensi depan Pasar Gedebage dan memperbesar gorong-gorong Pasar Gedebage, dan Danau Retensi Sarimas.

“Danau diperbanyak di Kota Bandung selain bisa mengatasi banjir dimusim hujan juga bisa sebagai persediaan air di musim kemarau,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun, lahan untuk danau di lima lokasi sudah dibebaskan dan tinggal membangun, yaitu di Gedebage, di Sarimas Ujungberung, Babakan Jeruk, Cikutra dan Jalan Bima. (nda)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …