Pilkada Cimahi, Panwaslu Lantik Petugas Pengawas TPS

Sebanyak 245 anggota PTPS tingkat kecamatan dilantik, Minggu (22/1).
(Gatot Pudji/Radar Bandung).

Sebanyak 245 anggota PTPS tingkat kecamatan dilantik, Minggu (22/1). (Gatot Pudji/Radar Bandung).

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- Panwaslu Kota Cimahi melantik petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)  tingkat kecamatan, Minggu (22/1/2017). Selain melantik, mereka yang dilantik juga mendapatkan materi seputar tugas pokok dan fungsi Panwas TPS.


Hari ini, sebanyak 245 orang Panwas TPS dari Kecamatan Cimahi Tengah  yang mendapat giliran pertama dilantik. Tinggal Panwas TPS Cimahi Utara dan Cimahi Selatan akan dilantik berbarengan pada Senin (23/1/2017).

“(Dengan adanya PTPS) kami harap pengawasan dalam proses pemungutan suara dan penghitungan lebih teliti. Jangan sampai terjadi kecurangan atau masalah apapun,” ungkap Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Panwaslu Cimahi Yus Sutaryadi.

Yus mengakui, pada Pemilu sebelumnya, kerap muncul pelanggaran terstruktur dan massif. Dari pelanggaran berjenjang tersebut, kata dia, maka pengawasan harus dilakukan di tiap proses Pilkada.

“Para pasangan calon mendukung ini. Kami yakin bahwa proses pungut hitung akan terawasi, terkontrol dan hasilnya valid,” tuturnya.

Yus mengatakan, untuk mendukung pengawasan, semua petugas pengawas TPS harus memiliki ponsel berbasis android. “Jadi, akan lebih mudah karena ambil data pakai video dan foto serta rekaman untuk tiap proses. Nanti hasilnya akan dikirim ke Bawaslu RI,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner Panwascam Cimahi Tengah Rafika Mayasari mengatakan, petugas Pengawas TPS terpilih dari hasil seleksi administrasi dan wawancara. Mayoritas petugas pengawas TPS adalah wiraswasta dan bukan pekerja tetap.

Mereka dikontrak selama 1 bulan, 23 hari sebelum hari H pemungutan suara pada 15 Februari mendatang dan 7 hari sesudahnya dengan honor Rp 550 ribu dipotong pajak.

Tugas utama petugas pengawas TPS sebenarnya di hari H pemungutan suara. Mereka diutamakan berdomisili di sekitar lokasi TPS bertugas agar lebih mudah dan mengetahui situasi.

Loading...

loading...

Feeds

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …