Ratusan Ribu Warga Terancam Kehilangan Hak Pilih di Pilkada Serentak 2017

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menyebut jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017 yang melibatkan tiga kabupaten/kota di Jawa Barat yakni Kota Tasikmalaya, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bekasi mesti segera menyelesaikan seluruh kesiapan pelaksanaan.


Iwa menuturkan, salahsatu kesiapan yang mesti dituntaskan yakni daftar pemilih. Pasalnya, terdapat 119 ribuan warga yang belum memiliki E-ktp dan terancam kehilangan hak suaranya.

“Sampai dengan 13 Januari 2017, Kota Tasikmalaya masih ada 928 orang yang belum perekaman e-ktp. Kabupaten Bekasi 118.287. Kalau Cimahi sudah beres,” kata Iwa.

Untuk itu, agar seluruh masyarakat tidak kehilangan hak pilihnya, Iwa meminta kepada pemerintah setempat untuk segera menuntaskan perekaman E-Ktp sebelum pencoblosan.

Iwa pun menekankan agar para petugas perekam E-Ktp proaktif, artinya mereka mesti mendatangi masyarakat yang belum melakukan perekaman E-Ktp.

“Kepada camat untuk proaktif jemput bola melakukan perekaman. Jadi seperi tadi kalau ada yang sakit bila perlu dibawa digotong karena kan petugasnya harus bawa alat. Kalau samsat bisa digendong tapi alat perekaman kan nggak bisa digendong. Jadi masyarakat yang sakitnya yang digendong untuk ke tempat perekaman e-ktp,” ujarnya.

Menurut Iwa, penggunaan E-Ktp dalam Pilkada sangat diperlukan untuk mendapatkan data yang akurat. Selain itu, peluang kecurangan akibat duplikasi pemilih dapat diantisipasi. “Jadi masyarakat tidak akan kehilangan hak pilihnya,” tegas Iwa.

(ca/rmo/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …