Jembatan Cisomang Bergeser Lagi, Bakal Ditutup?

Pekerja melakukan perbaikan pilar jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi.

Pekerja melakukan perbaikan pilar jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi.

POJOKBANDUNG.com- DIREKTUR Jembatan dari Dirjen Bina Marga mengungkapkan Jembatan Cisomang KM 100+700 Tol Cipularang yang sedang dalam proses perbaikan hingga kini masih terus mengalamai pergeseran.


Dirjen Bina Marga Kemenpupera Heddy Rahadian mengatakan, sejak ditemukan bermasalah karena mengalami pergeseran Jembatan Cisomang pada Desember 2016 lalu, pergeseran masih terus terjadi.

“Memang ada (pergeseran) lagi. Tapi untuk sekarang ini tren pergerakan jembatannya tidak berubah, masih ada di angka minimal. Pergerakannya masih lambat di angka 57 cm hingga 58 cm, belum di angka 60 cm,” ujarnya melaui rilisnya yang diterima kepada sejumlah awak media.

Itu diduga, lanjutnya, disebabkan adanya pergerakan tanah yang labil akibat cuaca dan aktivitas kendaraan yang melintas di Tol Cipularang.

“Terutama kendaraan non golongan I yang sebagian masih tidak mematuhi pengalihan arus,” jelasnya.

Sejak Desember, kendaraan berat non golongan I dan bus dari Jakarta dan Bandung, maupun sebaliknya tidak dibolehkan melintasi Tol Cipularang dan dialihkan ke jalur Arteri Purwakarta-Padalarang.

“Alasan pemeritah tidak melakukan penutupan total karena berbagai pertimbangan. Terlebih, Jembatan Cisomang masih dinyatakan layak dilintasi meskipun hanya khusus kendaraan kecil,” tuturnya.

Loading...

loading...

Feeds