Umurnya Baru 15 Tahun, Penipu Cilik Ini Berhasil Kelabui Banyak Pengusaha

POJOKBANDUNG.com- UMURNYA baru 15 tahun. Sebut saja Bojes. Warga Jakarta ini menjadi penipu cilik yang dicari kepolisian. Kegemaran Bojes pada internet berujung pada tindakan penipuan online. Dia menipu banyak pengusaha dari penjuru Indonesia.


Salah satu korban adalah Febri Budaya (24), warga Bogor. Korban lainnya berasal dari Solo, Bandung Yogjakarta, Palu, Makassar, dan lainya. Mereka membentuk group di aplikasi Whatsapp. Rata-rata mereka mengalami kerugian satu sampai lima juta rupih.  Dalam aksinya, Bojes juga memakai akun samaran seperti Ridwan, Idhar atau Firgiawan.

“Tidak hanya di Facebook ternyata dia pernah menipu melalui toko online ternama,” ungkapnya kepada Radar Bogor (Jawa Pos Group/pojokbandung.com). “Kita akan lapor ke Mabes Polri karena korbannya se-Indonesia,” sambung pemilik salah satu usaha di Bogor ini.

Febri mengatakan, modusnya pun beragam. Dia korban pencucian uang. Pelaku ini menipu melalui bank di akun rekening bersama (rekber). Awalnya, Febri memposting keperluan dagangnya di usaha liquid (isi ulang rokok elektrik). Setelah itu Bojes mengarahkan untuk mengirim langsung ke rekening bernama Nanang Hidayat.

Untuk meyakinkan korbannya, Bojes memberi kabar terbaru terkait barang yang dipesan. “Sudah diekspedisi (paket pengiriman) kata dia begitu,” tututnya. Setelah beberapa hari menunggu barang pesanan tak kunjung tiba. Si Bojes hilang tanpa jejak.

Korban mencoba mencari informasi dari nama dan info yang beredar ternyata itu adalah penipuan. “Saya langsung lapor ke bank untuk pemblokiran. Ternyata sang pemilik akun rekber Nanang juga ditipu. “Yang punya rekening juga mengaku juga ditipu sama dia.

Tapi kita semua curiga ada kerja sama,”imbuhnya. Usut punya usut, puncak emosi para penekun dunia usaha online ini akhirnya sepakat bertemu. Febri meluncur ke Jakarta menemui para korban Bojes lainnya.

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …