Louis Van Gaal Pensiun, Ini Pasang Surut Karirnya

 Louis van Gaal

Louis van Gaal

POJOKBANDUNG.com- LOUIS van Gaal memutuskan untuk pensiun setelah berada di dunia kepelatihan 26 tahun lamanya.


Sebagai pemain, Van Gaal tampil sebagai gelandang untuk Ajax, Royal Antwerpen, Telstar, Sparta Rotterdam dan AZ Alkmaar antara tahun 1972 dan 1987 sebelum pindah ke pelatihan, sebagai asisten di AZ Alkmaar diikuti peran yang sama di Ajax.

Louis van Gaal kemudian menggantikan Leo Beenhakker sebagai pelatih kepala Ajax pada tahun 1991 dan berlanjut ke periode sukses berkelanjutan, memenangkan gelar liga Belanda pada tiga kesempatan serta Piala UEFA 1992 dan gelar Liga Champions 1995.

Van Gaal diminta untuk mengulangi suksesnya itu di klub raksasa Spanyol Barcelona. Dia mewarisi tim dari Bobby Robson pada tahun 1997 dan memimpin Barcelona untuk merebut dua gelar La Liga berturut-turut serta Copa del Rey.

Negaranya datang memanggil pada tahun 2000, namun tugas pertamanya di timnas hanya berlangsung kurang dari dua tahun setelah gagal meloloskan Belanda ke Piala Dunia 2002 -pertama kalinya tim itu gagal ke putaran final sejak 1986.

Pasang surut karir Van Gaal meliputi keberhasilan di Ajax, Barcelona, AZ Alkmaar, Bayern Muenchen dan timnas -namun ia juga dipecat di Muenchen, Barcelona, timnas, dan Manchester United.

Periode kedua pelatih asal Belanda itu di Barcelona itu bahkan lebih pendek lagi – hanya delapan bulan – setelah ia meninggalkan Barcelona di tengah musim ketika klub raksasa itu terpuruk beberapa tempat di atas zona degradasi.

Loading...

loading...

Feeds

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …