Kasian.. Sudah Bayar Rp 120 Juta, Ratusan Orang Kena Tipu Penerimaan CPNS

Korban penipuan penerimaan CPNS saat berkumpul di Gedung Sate Bandung, Kamis (12/12017). Foto: rmol

Korban penipuan penerimaan CPNS saat berkumpul di Gedung Sate Bandung, Kamis (12/12017). Foto: rmol

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- penipuan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) terjadi di Jawa Barat. Anehnya, sekitar 400 orang dari berbagai wilayah di Jawa Barat mendatangi Gedung Sate Kamis (12/1/2017) .


Mereka datang sekitar pukul 12.00 WIB dengan seragam lengkap khas PNS, setelah mendapatkan undangan acara  pembekalan oleh gubernur selama 10 hari, terhitung mulai Kamis (12/1).

Nah, salahsatu korban, mengutarakan, sejak tahun 2013, dia bersama 700-an orang lainnya selalu di undang dalam kegiatan Diklat serta pembekalan yang diadakan pelakunya yang mengatasnamakan Ormas Komando Bela Negara.

Alur yang digunakan pelaku terbilang begitu sistematis sehingga para korban langsung percaya. Para korban pun bahkan sempat dites urine dengan alas an memastikan tidak ada yang memakai Narkoba.

“Di undang beberapa kali, katanya diklat, pernah diklat di Cimahi, kemudian tahun 2016 di gedung namanya diklat Mendagri Jayagiri Lembang,” ucap wanita yang enggan disebutkan namanya.

“Pengarahan masuk CPNS dan alurnya, banyak yang dateng, petugas (pengarah) hampir sama dengan PNS, pakai bajunya komplit. Jadi kita percaya,” paparnya.

Pada tahun 2013 lalu, ia menceritakan, mendapatkan kabar adanya penerimaan CPNS lewat jalur titipan dari salah seorang kenalan. Dia kemudian harus menyetorkan uang hingga Rp 100 juta perorang, bahkan ada yang melebihi ratusan juta.

“Saya baru masuk setengahnya, tapi saya ngobrol ada yang sudah masukin Rp 120 juta,” sebutnya.

Selain itu, sejak pemberian uang dan pengumpulan berkas pihaknya langsung mendapatkan SK. “Tahun 2013 setelah memberikan berkas langsung mendapatkan surat pernyataan NIP, SK 80 persen, tandatangan dari Sekda dan Gubernur Jawa Barat,” paparnya. (rmo/ca/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …