Antisipasi Teror, Unit Brigade Anjing Latihan Bersama

Latihan bareng Brigan di Lanud Husein Sastranegara.

Latihan bareng Brigan di Lanud Husein Sastranegara.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Peran satwa dalam membantu proses pengamanan sudah banyak dibuktikan, mulai dari pengamanan fisik hingga membantu pelacakan tindak kriminal. Demikian pula dengan Unit Brigade anjing (Brigan) yang merupakan bagian dari Satpomau Lanud Husein Sastranegara memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk menjaga wilayah keamanan Lanud Husein Sastranegara dan sekitarnya.


Untuk mengantisipasi ancaman teror, Unit Brigade Anjing (Brigan) Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau) Husein Sastranegara dan Unit Brigan K-9 Polda Jawa Barat serta komunitas satwa Bandung, menggelar latihan bersama, Selasa (10/1).

Dansatpom Lanud Husein Sastranegara Mayor Pom Made Oka mengatakan bahwa latihan bersama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anjing dan pawang dalam menjalankan tugas seperti menjaga keamanan di areal Lanud dan bandara dari pelaku teror, termasuk antisipasi ancaman bom, selain itu, Brigan juga memiliki tugas dan fungsi mendeteksi narkoba melalui pintu bandara.

“Unit Brigade anjing (Brigan) Pomau Lanud Husein Sastranegara mempunyai anjing berjumlah 14 ekor yang terdiri dari jenis 3 Labrador, 3 Gembala Belgian Melanois, 6 Rott Weiler, 2 Doberman, dengan pendidikan khusus anjing-anjing ini dapat digunakan sebagai anjing penyerang dan mendeteksi adanya bahan peledak serta narkoba”, terang Dansatpom.(pentak)

Loading...

loading...

Feeds