Ini Foto-foto Latihan Bela Negara yang Diunggah FPI dan Bikin Dandim Dipecat

TNI latih FPI/Foto: Instagram

TNI latih FPI/Foto: Instagram

POJOKBANDUNG.com- KOMANDAN Kodim Lebak Letkol Czi Ubaidillah dicopot dari jabatannya, lantaran memberikan pelatihan terhadap anggota Front Pembela Islam (FPI).


Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) III/Siliwangi Kolonel Arh MD Ariyanto mengatakan bahwa Ubaidillah telah melanggar dengan melakukan salah prosedur pada latihan bela negara.

Dandim Ubaidillah dinilai tidak melaporkan kegiatan pembinaan bela negara yang diikuti organisasi masyarakat kepada Danrem maupun Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Muhammad Herindra.

“Bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan oleh Kodam III/Siliwangi terhadap Dandim Lebak ditemukan kesalahan prosedur, yakni, Dandim tidak berlapor terlebih dahulu baik kepada Danrem maupun Pangdam III/Siliwangi sebelum menyelenggarakan kegiatan bela negara tersebut.
Oleh karena Pangdam III/Siliwangi memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Dandim Lebak yaitu dicopot dari jabatannya, dan segera digantikan oleh pejabat yang baru,” jelas Ariyanto melalui siaran pers, Minggu (1/8).

Ariyanto menambahkan, sanksi keras diberikan karena latihan bela negara digelar tanpa melalui prosedur yang berlaku di lingkungan TNI.

Pasalnya, pelatihan bela negara harus memperoleh persetujuan secara hirarkis, di mana Dandim seharusnya melapor terlebih dahulu kepada Danrem dan selanjutnya kepada Pangdam.

Sebelumnya, foto-foto latihan bela negara sempat diunggah di Instragram Dewan Pimpinan Pusat FPI melalui akun dpp_fpi.

Foto-foto yang diunggah memperlihatkan laskar FPI sedang berlatih ketahanan dan ketangkasan dengan didampingi prajurit TNI. Keterangan foto menuliskan bahwa TNI dan FPI menggelar PPBN (Pelatihan Pendahuluan Bela Negara), serta tanam 10 ribu pohon di wilayah Kabupaten Lebak, Banten.

(wah/rmol/PS/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Libur Natal-Tahun Baru Dipangkas 3 Hari

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akhirnya jadi dipangkas. Pemerintah memutuskan mengurangi jatah libur Nataru selama …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …