Jepang dan Korsel Memanas karena Patung Budak Seks

Jepang Protes Keras Korsel Gara-gara Patung Jugun Ianfu

Jepang Protes Keras Korsel Gara-gara Patung Jugun Ianfu

POJOKBANDUNG.com- JUGUN ianfu sampai kapan pun akan menjadi noda kelam yang mencoreng wajah Jepang. Karena itu, tidak mengherankan kalau penempatan patung jugun ianfu di dekat gedung Konsulat Jenderal Jepang di Kota Busan, Korea Selatan (Korsel), berbuntut aksi diplomatik.


Pada Jumat (6/1), Tokyo memanggil pulang Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Korsel Bessho Hiroshi Shiro sebagai bentuk protes keras.

Tidak hanya menarik Shiro, pemerintah Jepang juga memanggil pulang konsul jenderalnya yang bertugas di Busan. ”Pemerintah Jepang mendesak pemerintah Korsel dan jajarannya di tingkat kota untuk segera memindahkan patung tersebut dari area di dekat konsulat,” kata Yoshihide Suga, juru bicara pemerintah Jepang. Pemanggilan itu, papar Suga, bersifat sementara.

Patung berwarna tembaga tersebut merupakan duplikat dari patung jugun ianfu di Seoul. Patung dalam rupa gadis yang sedang duduk di atas kursi itu terletak di persimpangan jalan ramai yang tidak jauh dari gedung Kedutaan Besar Jepang di ibu kota.

Jugun  ianfu ialah perempuan-perempuan malang yang menjadi budak seks tentara Jepang saat mereka menjajah negara lain. Selama sekitar lima tahun terakhir, patung itu menjadi titik kumpul para mantan jugun ianfu dan aktivis hak asasi manusia (HAM) Korsel saat menggelar unjuk rasa.

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …