Pancasila Dilecehkan, Hubungan Bilateral Indonesia-Australia Baik-baik Saja?

TNI

TNI

 


POJOKBANDUNG.com, JAKARTA--Buntut dari pelecehan lambang Pancasila, TNI akhirnya memutuskan untuk menghentikan sementara kerja sama dengan militer Australia. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, masalah penghentian sementara kerja sama TNI dengan militer Australia tidak mengganggu hubungan bilateral antara kedua negara.
“Masalah tersebut tidak akan mengganggu hubungan bilateral kedua negara, yang telah berjalan baik selama ini,” ujar Wiranto dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Kamis (5/1).

Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) itu juga mengaku, penghentian sementara kerja sama itu bukan secara menyeluruh. Melainkan hanya beberapa hal saja. “Bukan pemutusan kerja sama pertahanan secara menyeluruh, seperti yang diberitakan di banyak media akhir-akhir ini,” katanya.

Wiranto juga membenarkan penghentian sementara kerja sama itu dikarenakan ada hal yang menyinggung kehormatan bangsa Indonesia.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan kedaulatan Indonesia telah dihina oleh militer Australia, lantaran Pancasila telah diplesetkan menjadi pancagila. “Tentang tentara yang dulu Timor Leste, Papua juga harus merdeka dan tentang Pancasila yang diplesetkan jadi Pancagila. Tidak benar dan saya hentikan dulu (kerja sama),” kata Gatot.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mayjen TNI Wuryanto, mengatakan kerja sama militer yang dihentikan sementara adalah, latihan perang, pertukaran perwira dan pelatihan bahasa.(cr2/JPG)

Loading...

loading...

Feeds

Energi Postif Moonraker untuk Kemajuan Daerah

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Bukan lagi zamannya ugal-ugalan dijalanan. Apalagi melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Stigma negatif …