Tahun Baru, Trafik Layanan Data Telkomsel Tembus 4 Petabyte

Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid (kanan) bersama Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Yetty Kusumawati (tengah) menyapa langsung dan menyerahkan bingkisan kepada pelanggan pertama yang berkunjung ke GraPARI 24 Jam Alia Jakarta Pusat tepat di malam pergantian tahun, (1/1).

Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid (kanan) bersama Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Yetty Kusumawati (tengah) menyapa langsung dan menyerahkan bingkisan kepada pelanggan pertama yang berkunjung ke GraPARI 24 Jam Alia Jakarta Pusat tepat di malam pergantian tahun, (1/1).

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Telkomsel sukses mengawal dan melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada periode akhir tahun 2016 hingga hari pertama tahun 2017. Pada momen pergantian tahun tersebut tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 4,25 petabyte, melonjak 24,25% dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2016 sebesar 3,42 petabyte perhari.


Tingginya peningkatan trafik layanan data salah satunya dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang mengunggah foto atau momen penting menjelang dan setelah pergantian tahun melalui berbagai aplikasi media sosial dan instant messaging. Selain itu, penggunaan smartphone dan komputer tablet untuk melakukan video streaming, music streaming, maupun online games juga meningkat pada periode tersebut.

Di samping layanan data, kenaikan trafik juga terjadi untuk layanan suara dan SMS. Trafik layanan suara meningkat tipis 0,1% dibanding hari normal menjadi 1,5 miliar menit, sementara trafik layanan SMS naik 18,4% ketimbang hari normal menjadi 929 juta SMS.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, pihaknya bersyukur upaya Telkomsel untuk menyiagakan jaringan dalam kondisi yang optimum dimaksimalkan dengan baik oleh masyarakat pada momen pergantian tahun.

“Terima kasih atas kepercayaan pelanggan, sekaligus mohon maaf apabila masih terdapat kendala saat pelanggan menikmati layanan kami, bagi kami kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen-momen spesial amat penting. Ini tentunya menjadi tantangan bagi kami untuk meningkatkan kualitas layanan pada momen-momen penting lainnya yang akan datang,” ujar Adita.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, sejak jauh hari Telkomsel telah melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. 687 titik keramaian utama seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah telah diperkirakan akan dipadati oleh pelanggan pada masa pergantian tahun.

Beberapa aktivitas yang dilakukan Telkomsel di antaranya membangun 723 base transceiver station (BTS) baru, mengerahkan 91 compact mobile base station (Combat), dan menambah kapasitas untuk layanan internet menjadi 837 Gbps. Dari sisi layanan, Telkomsel menyiagakan 487 Armada Mobile GraPARI, 2.668 modern channel Siaga dan 3.779 outlet Siaga, serta 85 GraPARI Siaga dan Call Center yang siap melayani pelanggan tanpa kenal hari libur.

Untuk wilayah operasional Area Jabotabek Jabar, trafik layanan data di wilayah Jabotabek pada malam tahun baru mencapai 889,46 TByte dan Jawa Barat mencapai 301,84 TByte. Sedangkan dari 20 unit tambahan compact mobile BTS (Combat) yang telah dioperasikan di sejumlah titik destinasi wisata, trafik layanan suara tertinggi terjadi di lokasi Pantai Karnaval Ancol, dan untuk trafik layanan data tertinggi terjadi di tempat wisata Kota Bunga Bogor yang mencapau 246 GByte.

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Yetty Kusumawati menambahkan secara keseluruhan, layanan jaringan Telkomsel di wilayah operasional Jabotabek Jabar yang telah diperkuat di beberapa titik konsentrasi massa khususnya titik destinasi wisata mampu melayani pergerakan lonjakan trafik yang cukup tinggi baik itu untuk layanan suara, sms maupun data.

“Kami berharap kepuasan pelanggan tetap terjaga selama momen pergantian tahun kemarin,” ungkapnya.

Di momen malam pergantian tahun, Manajemen Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga tetap bersiaga dengan tetap mengoperasikan layanan pelanggan GraPARI 247 jam di Wisma Alia Jakarta Pusat dan Dago Bandung, yang mana dalam kesempatan tersebut manajemen Telkomsel juga menyapa langsung pelanggan pertama yang berkunjung ke GraPARI di tahun 2017 tepat pukul 00.00 WIB.(*/nto)

Loading...

loading...

Feeds

Pangdam Pimpin Serah Terima Jabatan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dalam mewariskan nilai-nilai Siliwangi sekaligus mengestafetkan misi tugas dalam membangun kebesaran dan kejayaannya, Kodam III/Siliwangi menggelar acara …

Ajak Perempuan Keluar Zona Nyaman

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Perempuan di Kabupaten Bandung Barat harus memiliki integritas, tangguh dan mandiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pasalnya, kesan …

Harus Aktifkan Koperasi di Sumedang

 POJOKBANDUNG.com, KOTA – Kepengurusan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Sumedang Masa Bhakti 2021-2025 diharapkan mampu mengaktifkan dan menghidupkan kembali koperasi …

Belum Bisa Layani Semua Kecamatan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran kota Cimahi mengaku masih kewalahan untuk dapat melayani …

Vaksinasi Covid Telan Rp47 Miliar

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang mengungkap, di tahun anggaran 2021 ini, Pemda Subang mendapat …

Kompak Bantu Warga yang Isolasi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Desa Jalancagak, Kaecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang memberikan bantuan bagi tetangga yang tengah menjalani isolasi mandiri di …

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …