Pemprov Jabar Ngebet Bikin Command Center dengan Anggaran Rp40 Miliar

Ahmad Heryawan

Ahmad Heryawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Pemerintah Provinsi Jabar punya program baru yang lumayan akan menguras APBD dalam jumlah yang besar.


Program tersebut bernama Command Center, yang akan disiapkan ditahun ini sebagai rumah siber dalam pengembangan sistem Smart City. Command Center dibuat untuk mengembangkan pelayanan publik dan manajemen pemerintahan.

Berapa dana yang dibutuhkan? Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyebut telah menganggarkan dana sebesar Rp40 miliar yang bersumber dari APBD. “Insya Allah kita akan bikin command center for cyber province. Jadi ada rumah besarnya tahun ini,” ungkap Heryawan, Selasa (3/1/2016).

Ia mengklaim, Command Center dibutuhkan di tengah perkembangan era digilitasasi. Hingga pelayanan publik tidak lagi berbasis konvesional.

Nantinya, program akan  berisi ratusan hingga ribuan fitur yang berhubungan dengan pengelolaan layanan publik. “Selama ini terpecah-pecah di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ucapnya.

Heryawan juga mengatakan,  Command Center akan menjadi ruang pengintergrasian. Dengan tujuan untuk memudahkan serta mengoptimalkan pengelolaan.

“Di Bappeda ada LKPD (laporan keuangan pemerintah daerah) online atau e-planing . Di biro keuangan ada e-budgeting. Di Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian ada elektronik terkait harga komoditas di pasaran. Di kesehatan ada layanan  rumah sakit rujukan berbasis elektronik. Kemudian ada LPSE. Kan berserakan tuh masing-masing OPD punya, nanti akan disatukan, dikonsolidasikan,” terangnya. (ca/rmo)

Loading...

loading...

Feeds