Pengusaha Cimahi Malas Mengurus BPJS, Ini Alasannya

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Tingkat kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di sektor perusahaan atau badan usaha kecil dan mikro masih belum tercapai.


Padahal, sesuai instruksi pemerintah pusat, seluruh perusahaan wajib mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS per 1 Januari 2015.

Dari data yang diterima BPJS Kesehatan Kota Cimahi, badan usaha potensial yang belum melakukan registrasi totalnya 137 perusahaan, dengan jumlah pekerja sebanyak 2.843.

Masih banyaknya perusahaan yang belum terdaftar, salah satunya disebabkan belum adanya peraturan walikota (perwal) yang selaras dengan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2013, tentang Sanksi Administratif.

“Di Kota Cimahi belum ada peraturan yang sejalan dengan peraturan pemerintah pusat. Di dalam peraturan tersebut, kan tertera sanksi bagi perusahaan yang tidak mendaftarkan karyawannya ke BPJS Kesehatan. Contohnya, sanksi tersebut berupa pembekuan perizinan usaha,” kata Kepala BPJS Kesehatan Kota Cimahi, Yudha Indrajaya sebagaimana dikutip Radar Bandung (grup pojokbandung.com).

Perwal terkait hal itu ia harap segera diputuskan. Dengan demikian, perusahaan tidak akan bisa beralasan lagi dalam mendaftarkan karyawannya. “Saat ini Perwali masih dalam proses. Saya harap bisa segera terealisasi. Karena yang melakukan sanksi itu kan pemkot,” terangnya.

Ia mengatakan target kerjasama bersama pihak rumah sakit di seluruh Cimahi dalam pelayanan telah rampung. Selanjutnya, ia menyasar klinik-klinik dalam perluasan jaringan layanan kesehatan.

“Kalau Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) seluruh rumah sakit sudah kerjasama. Tinggal klinik yang belum,” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …