Awas, Polisi Bakal Tindak Mobil yang Pakai Lampu Rotator dan Sirine

Ilustrasi/ist

Ilustrasi/ist

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pihak kepolisian melarang penggunaan lampu rotator dan sirine pada kendaraan-kendaraan pribadi. Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung, Komisaris Polisi Santiadjie Kartasasmita menegaskan, pihaknya akan menindak tegas pengendara-pengendara nakal yang tak mengindahkan larangan itu.


“Yang pertama, kita akan lakukan tilang. Yang kedua, kita akan lakukan pencopotan di tempat. Sehingga dipastikan untuk rotator itu tidak digunakan kembali,” katanya.

Ia mengatakan, jika masih terdapat pengendara nakal yang kedapatan menggunakan lampu rotator dan sirine di jalanan, polisi akan melakukan tindakan lebih tegas.

“Mungkin ke depannya, apabila masih ditemukan, kita akan lakukan tindakan lebih tegas. Kita tetap akan lakukan penilangan, kemudian kita akan lakukan penyitaan,” terang Santiadjie.

Ketentuan penggunana rotator dan sirine, terang Santiadjie, diatur dalam Pasal 59 Undang-Undang No 22/ 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Itu sudah ada ketentuannya. Masing-masing warna, bahkan juga sudah ditentukan. Misalkan, untuk warna merah ditentukan untuk ambulan dan pemadam kebakaran, warna biru untuk kepolisian, kemudian warna kuning untuk pekerjaan umum dan lain-lain,” jelasnya.

Kendati telah berlaku sejak lama, Santiadjie menyebut masih banyak pengendara pribadi yang kedapatan memasang rotator saat berkendara.

“Sementara ini, masih banyak (pengguna rotator pribadi). Karena mungkin kurang sosialisasi, kurang penegakkan hukum di bidang itu. Banyak pihak secara pribadi menggunakan ataupun menyalahgunakan penggunaan rotator pada kendaraan pribadi. Mudah-mudahan, ke depan kita akan lakukan penertiban dan akan lebih tertib di jalanan,” tuturnya.(ca/rmo)

Loading...

loading...

Feeds

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …