Malam Ini Padat, Besok Lonjakan Arus Balik Libur Tahun Baru

Pengamanan arus

Pengamanan arus

POJOKBANDUNG.com- LIBUR Natal 2016 dan tahun baru 2017 segera berakhir. Polri pun telah melakukan antisipasi arus balik warga Jakarta dan sekitarnya dari yang abru saja berlibur di luar kota.


Kakorlantas Irjen Agung Budi Maryoto bahkan memantau langsung pergerakan lalu lintas di pintu Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (1/1). Gerbang Tol Cikarang Utama merupakan pintu terakhir bagi warga yang hendak menuju Jakarta.

Menurutnya, volume kendaraan pada saat kondisi normal sekitar 59 ribu. Namun, kini ada lonjakan hingga lebih dari setengahnya.

“Ini sudah 80 ribu, nanti perkirakan bisa naik sepuluh persen. Artinya sudah mulai terjadi peningkatan arus malam ini menuju ke Jakarta,” katanya.

Agung memperkirakan puncak arus balik akan terjadi Senin (2/1). Sebab, hari terakhir libur.

“Prediksi saya bersama dengan Jasa Marga malam ini padat, tapi besok tetap puncaknya,” sambungnya.

Mantan Kapolda Kalimantan Selatan itu menambahkan, untuk dari arah pantura lama maupun Cipali masih normal. Kondisinya tetap seperti weekend biasa.

Lebih lanjut Agung mengatakan, untuk jalur selatan di Garut menuju Bandung telah terjadi kepadatan. “Sekarang oleh petugas dilakukan contraflow jadi tiga lajur dari arah Garut ke Bandung. Sedangkan dari arah Bandung ke Garut satu lajur,” tuturnya.

Kemudian di Tol Cipularang, volume kendaraan yang melalui Cisomang juga sudah padat. Di jalur lama arteri Padalarang juga sudah terlihat adanya peningkatan volume kendaraan menuju Jakarta.

Lalu untuk di Puncak, Kabupaten Bogor sedang dilakukan one way dari atas. Sedangkan dari arah Gadog sementara disetop karena memang banyak yang turun.

“Jadi prediksi yang Tol Jagorawi dan Cikarang Utama malam ini sudah mulai padat. Tapi belum puncaknya, melainkan besok (Senin),” ucap dia.

Agung menambahkan, pihaknya juga sudah menyiapkan skenario jika di Cipularang sudah padat dan imbasnya sampai Cipali. Rencananya, jika kepadatan di Cipularang dan Cipali kena imbasnya maka Korlantas Polri akan memberlakukan contraflow mulai kilometer 68.

“Sampai sekarang belum terlalu padat sekali, kalau sudah padat sekali kita buat contraflow. Jadi semuanya disaring,” tambah dia.(elf/jpg/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …

Jalan Provinsi di Cikalong Terancam Longsor

POJOKBANDUNG.com, CIKALONGWETAN – Jalan raya Provinsi Cikalong-Cipendeuy terancam putus akibat longsor yang memakan bahu jalan. Berdasarkan pantauan, bahu jalan yang …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …