Nana Sumarna Raih Doktor Pendidikan Dasar Pertama di Indonesia

Nana Sumarna

Nana Sumarna

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG-Semangat belajar dan meraih prestasi Nana Sumarna memang luar biasa, seolah tak ada habisnya. Di usianya yang sudah hampir menginjak kepala lima, dosen Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari ini mampu menyelesaikan S-3 dalam waktu relatif singkat.


Dikatakan singkat karena dalam waktu tiga tahun tiga bulan pria kelahiran Kendari 13 Maret 1968 merampungkan studinya. Betapa tidak, belum ada satupun doktor atau lebih dari itu di bidang keilmuan pendidikan dasar di Indonesia.

“Hari ini menjadi sejarah karena kami meluluskan doktor pendidikan dasar pertama di Indonesia,” ungkap Ketua Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di sela sidang promosi doktor Nana Sumarna di Sekolah Pascasarjana UPI, kemarin.

Prestasi suami dari Agustiani Halra itu tidak sampai di situ. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Nana nyaris sempurna. Dia memperoleh 3,92 dari nilai maksimum 4.

Namun predikat itu tidak membuatnya jemawa. Dengan rendah hati ayah tiga anak itu mengemukakan, menjadi doktor pendidikan dasar pertama di Indonesia bukan sesuatu yang urgen.

“Keahlian di bidang pendidikan dasar sangat penting. Hal ini untuk menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks. Guru-guru SD harus dipersiapkan untuk menghadapinya,” tutur Nana.

Tantangan yang dimaksud di antaranya perubahan kurikulum ke kurikulum 2013 mendesak guru memiliki segudang alternatif pembelajaran agar tidak monoton. Paradigma pembelajaran yang inovatif tidak mudah ditangani individual.

“Setidaknya dengan mulai terbukanya keran doktor pendidikan dasar di Indonesia akan lebih memudahkan guru SD untuk mendapatkan alternatif pembelajaran agar semakin berkembang luas,” beber dia.

Pengalaman panjang Nana sebagai dosen sejak tahun 1994 memberikan gambaran bahwa kualitas guru sebagai garda terdepan pendidikan harus dipersiapkan sedari dini. Banyak penelitian menyebutkan betapa kualitas guru perlu pengembangan lebih lanjut.

“Hasil uji kompetensi awal dan uji kompetensi guru tahun 2012-2014 misalnya. Hanya 192 orang guru yang memiliki skor 90-100. Sementara lebih dari 1,3 juta guru memiliki skor di bawah 60,” ujarnya.

Disertasi Nana sendiri tentang pembelajaran investigasi matematik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematik, berpikir kritis, kreatif dan penalaran matematis mahasiswa calon guru SD.

“Konteks disertasi saya secara khusus untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kreativitas guru SD harus dibangun untuk menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran. Sehingga ke depan lahir generasi yang punya integritas, punya kepercayaan diri dan jujur secara akademik,” paparnya.

Nana mengawal karir sebagai dosen di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHO. Dia menjadi PNS melalui formasi penerima beasiswa Tunjangan Ikatan Dinas (TID) selama kuliah S1 di kampus yang sama.

Tidak puas dengan itu, Nana pun melanjutkan pendidikan ke jenjang magister peminatan biostatistik Universitas Airlangga dan lulus tahun 2000. Pada tahun 2011, dia dipindahkan ke prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) hingga akhirnya meneruskan studi doktoral di UPI tahun 2013 dan lulus 2016.(nda)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …