Mau Vaksin untuk Orang Dewasa? Baca Ini Dulu Ya..

POJOKBANDUNG.com, IMUNISASI pada dewasa memang belum menjadi program pemerintah. Namun kesadaran bahwa pencegahan lebih baik dan lebih hemat dibandingkan pengobatan menjadi pertimbangan utama pentingnya upaya preventif ini. Selain manfaatnya sungguh besar, imunisasi untuk dewasa juga tidak ribet. Mendapatkan vaksinnya relatif mudah.


Kita bisa mendapatkan vaksin di klinik imunisasi, praktik dokter penyakit dalam, atau dokter umum yang menyediakan vaksinasi dewasa. Sebelum pemberian vaksin, informasikan kepada tenaga kesehatan mengenai kondisi kesehatan saat itu. Di antaranya, fit atau tidak, demam atau tidak, adakah penyakit tertentu yang diderita, kehamilan, serta riwayat alergi terhadap vaksinasi yang lalu.

Dokter Elsa Hufaidah, konselor vaksinasi di Rumah Vaksinasi Pusat, Kramat Jati, Jakarta Timur, mencontohkan, kondisi kehamilan sangat penting untuk diinformasikan. Sebab, ada vaksin-vaksin yang justru membahayakan jika diberikan kepada orang dengan kondisi tertentu. Contohnya, vaksin hidup yang dilemahkan seperti MMR. Jika diberikan kepada ibu hamil saat trimester pertama, bakal membahayakan janin yang dikandungnya.

Sedangkan vaksin mati seperti tetanus, aman untuk perempuan hamil. ”Malah dianjurkan untuk mencegah kejadian tetanus pada bayi baru lahir. Jadi, sebelum vaksinasi, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter,” tuturnya.

Sama halnya dengan vaksinasi pada anak, vaksinasi orang dewasa bisa terjadi reaksi pasca suntikan. Misalnya demam (walau relatif jarang), nyeri, merah, atau bengkak pada lokasi suntikan. ”Tapi, sifatnya ringan dan sementara. Tidak sebanding dengan manfaat yang akan kita dapatkan dari vaksinasi berupa kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu,” tandas dr Elsa. (nor/na)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …