Lihat Nih, Pemkot Bandung Luncurkan KTP Anak, Ada Diskon Belanja dan Bimbel

Seorang anak memperlihatkan Kartu Identitias Anak yang baru diterimanya di Balai Kota Bandung, Rabu (28/12/2016). Foto: Riana Setiawan.

Seorang anak memperlihatkan Kartu Identitias Anak yang baru diterimanya di Balai Kota Bandung, Rabu (28/12/2016). Foto: Riana Setiawan.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Anak-anak di Kota Bandung akan memiliki identitas diri seperti orang dewasa memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).


Itu setelah Pemkot Bandung merilis Kartu Identitas Anak (KIA), Rabu (28/12/2016).

Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengungkapkan, peluncuran KIA ini didasarkan aturan pemerintah pusat yang menganjurkan setiap anak dibawah umur untuk harus memiliki dokumen dan indentitas resmi.

“Kalau orang dewasa memegang KTP kalau anak-anak memegang KIA. Artinya, setiap warga negara khususnya di Kota Bandung memiliki dokumen kependudukan pribadi,” ucapnya.

Ia mengungkapkan pembuatan KIA telah berlangsung dan ditargetkan awal Januari 2017 mendatang bisa berjalan dengan lancar.

Kartu KIA tidak jauh berbeda dengan KTP, hanya lebih menarik karena konsepnya anak-anak. “Kami juga bekerja sama dengan beberapa factory outlet di Bandung untuk memberikan diskon (20%-50%), kemudian tempat bimbel dan lembaga kursus tujuannya untuk meningkatkan partisipatif,” paparnya.

KIA ini ditujukan bagi anak baru lahir hingga usia dibawah 17 tahun.  Syaratnya hanya kartu keluarga dengan akta kelahiran.

Disdukcapil sendiri akan menyosialisasikan pembuatan KIA. Terdapat 617.232 anak yang harus memiliki KIA di Kota Bandung. Untuk 2016, ada 45 ribu KIA. (arh/ca)

Loading...

loading...

Feeds