Puluhan Bangunan Liar Jalur Pantura Diratakan

penertibang bangunan liar di Subang.

penertibang bangunan liar di Subang.

POJOKBANDUNG.com, SUBANG-Tim Gabungan dari TNI/Polri dan Satpol dikerahkan untuk mengamankan penertiban 65 bangunan liar ( bangli) di sepanjang jalan Pantura wilayah Patokbeusi, Subang Selasa (27/12).


Untuk melancarkan pembongkaran, petugas juga mengerahkan alat berat ke lokasi dan langsung merobohkan puluhan bangunan permanen, yang sudah dikosongkan para pemiliknya.

Sebelumnya surat perintah untuk pengosongan dan pembongkaran bangunanpun sudah dilayangkan Pemkab Subang ke setiap pemilik bagunan pada tanggal 21 Desember 2016 lalu. Dalam Surat No. 300/513/Satpol.PP/2016 berisi permintaan pengosongan area hingga batas waktu 26 Desember 2016.

“Surat itu bagian dari sosilisai kami kepada setiap pemilik bangunan, sebelum kami melakukan eksekusi.
Dan batas waktu akhirnya hari ini, Selasa (27/12/2016), oleh karena itu hari ini kita lakukan penertiban,” kata Asep Setia Permana Kast Pol PP Subang, Selasa ( 27/12).

Asep beralasan pembongkaran puluhan bangli tersebut selain bangunan itu tak memiliki izin, upaya normalisasi sungai tarum Timur sulit dilakukan, karena akses jalan alat berat terhalang bangunan yang ada daerah sempadan sungai. Sisi lain kata Asep, kondisi sungai tarum timur sudah mengalami pendangkalan.

“Dampak dari pendangkalan sungai, aliran sungai ini kerap meluap, terutama saat musim hujan. Ya, solusinya di bongkar, diratakan,” kata Asep.

Sebelum dilakukan pembongkaran Dandim 0605 Subang, Letkol Inf, Budi Mawardi Syam bersama Kapolres AKBP Yudi Sulistiono melakukan mediasi dengan sejumlah Ormas. Namun setelah ada kesepakatan, pembongkaran baru dilaksanakan, tidak ada perlawan saat petugas melakuakan pembongkaran.

” Siapa pun pasti gak rela kalu tempat usahanya dirubuhkan. Percuma juga kita melawan.Ya pasrah saja mas, mudah mudahan cepet dapat usaha lagi,” ungkap salah seorang pemilik bangunan.(anr)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …