Terungkap! Terduga Teroris yang Digerebek di Purwakarta Sudah Rencanakan Ledakan Bom Saat Natal

Kapolda Jabar, Irjen Pol Anton Charliyan

Kapolda Jabar, Irjen Pol Anton Charliyan

POJOKBANDUNG.com, PURWAKARTA- Detasemen Khusus 88 Antiteror menangkap empat terduga teroris di sebuah rumah terapung di Danau Jatiluhur, Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (25/12/2016).


Dua di antaranya ditembak mati karena melawan petugas. Kapolda Jabar, Irjen Pol Anton Charliyan mengungkapkan, dua calon pengantin bom yang ditembak mati sudah dipantau sejak jauh-jauh hari.

“Target mereka itu (meledakan bom), dari tanggal 23-25 Desember. Lokasinya dekat-dekat dari sini masih kita rahasiakan,” ujar Anton.

Rencana kedua calon pengantin bom ini, kata Anton, sudah terendus petugas. Untuk itu kepolisian terus melakukan pengepungan terutama saat malam natal di sekitar lokasi dua pengantin tersebut tinggal, yang ternyata berlokasi di Ubrug Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Menurut Anton, pengantin ini berencana akan melakukan aksi teror ditanggal 23 Desember 2016 hingga 25 Desember 2016. “Lokasinya ada di wilayah Jawa Barat dan masih kita rahasiakan,” tegas Anton.

Anton meminta warga tidak khawatir melakukan aktivitasnya. “Kita sudah melakukan pengepungan kepada para pelaku yang rencana bakal menjadi pengantin. Jadi untuk warga jangan khawatir untuk menjalankan aktivitasnya. Lokasinya memang dekat-dekat sini,” pungkas Kapolda.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Polisi Yusri Yunus membenarkan, dua terduga teroris sempat melakukan perlawanan dalam penggerebekan itu. Akibatnya, keduanya mesti dilumpuhkan.

“Ada baku tembak. Enggak lama. Kurang lebih satu jam. Akibatnya dua teroris meninggal dunia,” kata Yusri saat dihubungi wartawan, Minggu (25/12).

Dia melanjutkan, selain kedua terduga teroris yang tewas. Polisi sempat mengamankan dua orang terduga teroris lainnya di lokasi yang tak berjauhan.

“Penggerebekan pertama dilakukan di Kampung Ubrug, Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Jam 09.00 WIB. Setelah itu, kita kembangkan. Hasil pengembangan kita lakukan penggerebekan terhadap rumah terapung, jam 12.00 WIB,” lanjut Yusri.

Ditanya soal identitas terduga teroris, Yusri belum mau membeberkan. Yang pasti, kata Yusri jumlahnya ada empat orang.

“Kalau identitas itu nanti kita kasih tahu. Untuk sekarang, masih dilakukan pengembangan. Keempat-empatnya sudah dibawa ke Jakarta,” pungkasnya. (ca/rmo/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …