Kronologis Penangkapan Terduga Teroris di Jatiluhur Purwakarta

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA-  Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri kembali melakukan penggerebekan lokasi persembunyian terduga teroris di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (25/12/2016).


Informasi yang dihimpun menyebutkan, ada empat terduga teroris dalam penggerebekan tersebut, dua tewas tertembak dan dua lainnya ditangkap hidup-hidup.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar membenarkan hal tersebut.

Ada 4 terduga teroris yang digerebek, 2 di antaranya dinyatakan tewas saat penggerebekan.

Keempat terduga teroris ini diduga tengah merencanakan aksi teror pada saat malam pergantian tahun.

“Mereka akan merencanakan aksi pidana terorisme pada hari raya Natal dan Tahun Baru 2017,” ujar Boy Rafli Amar kepada wartawan, Minggu (25/12/2016).

Adapun keempat terduga teroris itu bernama Rijal alias Abu Arham (29), Ivan Rahmat Syarif (28), Abu Sofi alias Abu Azis alias Mas Brow, dan Abu Faiz. Abu Sofi dan Abu Faiz merupakan terduga teroris yang tewas saat penggerebekan.

Adapun kronologi kejadian dimulai pada pukul 11.30 WIB saat tim Densus 88 menangkap 2 terduga teroris atas nama Rijal dan Ivan yang merupakan warga Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Penangkapan dilakukan di Desa Karang Layung, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Sempat terjadi perlawanan dengan menggunakan pisau, sebelum petugas berhasil membekuk keduanya.

Lalu pada pukul 12.30 WIB, berdasarkan informasi yang didapat dari keduanya, diketahui bahwa masih ada 2 rekan lainnya yang bersembunyi di kolam apung Waduk Jatiluhur. Setelah berkoordinasi dengan Sat Polair Polres Purwakarta Polda Jawa Barat, Tim Densus bergerak menuju ke lokasi penggerebekan.
Peringatan dan perintah untuk menyerahkan diri tidak diindahkan kedua terduga teroris. Abu Faiz justru merespon peringatan itu dengan keluar membawa golok untuk menyerang petugas. Ia dilumpuhkan hingga tewas di tempat.
Hal yang sama juga diikuti Abu Sofi, yang juga tewas saat dilumpuhkan tim Densus 88. Setelah itu, pihak Polres Purwakarta melakukan olah tempat kejadian perkara dan berkoordinasi dengan tim penjinak bom Polda Jawa Barat.

(ian/rmol/PS/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …