Keterlaluan Facebooker Ini, Masa Bilang Gus Mus Goblok

POJOKBANDUNG.com – DUNIA maya memang semakin banyak digunakan untuk hal-hal yang berbau provokatif oleh penggunanya. Kebebasan di media sosial ini tak jarang menjadi sarana untuk menghujat orang lain.


Baru-baru ini, ulama kondang KH Mustofa Bisri jadi objek penghinaan di media sosial. Pelakunya adalah seorang pemilik akun di Facebook bernama Mudhofir.

Jumat (23/12), puluhan pemuda yang tergabung dalam forum Angkatan Muda NU Kabupaten Brebes mengadukan Mudhofir ke Polres Brebes. Pasalnya, warga Desa Sridadi Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes itu diduga mengunggah ujaran kebencian (hate speech) yang bernada provokasi ke kalangan nahdliyin.

Pada 10 November lalu, Mudhofir menulis status bernada hinaan dan pelecehan yang ditujukan kepada kiai asal Rembang, Jawa Tengah yang beken disapa dengan panggilan Gus Mus itu. Salah satunya adalah tulisan Mudhofir yang menyebut Gus Mus goblok.

Ketua PC Ansor Kabupaten Brebes Ahmad Munsip mengatakan, status itu tidak hanya menyangkut nama Gus Mus, tapi juga penghinaan kepada kehormatan organisasi jamaah NU. Munsip menegaskan, NU menempatkan ulama sebagai sosok yang sangat dihormati.

“Apa yang disampaikan yang bersangkutan menyinggung perasaan warga NU di Indonesia, tidak hanya yang di Brebes saja. Karena menghina ulama yang merupakan simbol marwah kehormatan organisasi dan ideologi kami,” katanya seperti diberitakan Radar Tegal (Pojokbandung Group).

Sedangkan Koordinator Forum Mahasiswa Nahdlatul Ulama (FAMNU) Brebes Iwan Efendi menambahkan, sebenarnya Mudhofir cukup bertabayun atau memberi klarifikasi dan meminta maaf sehingga urusannya tak perlu berlanjut ke kepolisian. Namun, kata Iwan menegaskan, Mudhofir tidak menunjukkan iktikad baik.

Karenanya, warga NU Brebes pun mengadukan Mudhofir ke polisi. Kini kasusnya ditangani Unit Reskrim Polres Brebes.

Iwan menegaskan, kasus itu harus dituntaskan untuk memberi efek jera. “Saya kira kasus ini juga terjadi di daerah lain, dan semoga tidak terjadi lagi,” tandas dia.

(ism/zul/jpg/ara/jpnn/PS/pojokbandung)

 

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …