Wuiih… Aksi Bela Islam dan Ahok Jadi Issue Of The Year 2016

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Sepanjang tahun 2016, dari kandidat isu terpanas lainnya: Panama Papers, Tax Amnesty, Timnas Sepakbola, serta kasus Jessica dan Kopi Beracun, akhirnya “Kasus Ahok dan Bela Islam” terpilih menjadi Top of the Top alias isu paling banyak dibicarakan sepanjang tahun 2016.


Demikianlah kesimpulan riset mendalam yang dilakukan oleh Digitroops, konsultan dan Periset Social Media. Fahd Pahdepie selaku pimpinan dan Anick HT selaku peneliti utama mengumumkannya dalam konferensi pers Kamis 22 Des 2016 hari ini.

Detail sekali frekwensi berita soal isu itu dipaparkan. Menurut Digitroops, Isu Ahok dan Bela Islam tak terlawankan karena ada 279.852.000 entri tentang kasus itu yang muncul di Google Search. Isu itu menjadi viral di Facebook selama 3 bulan. Juga ia menjadi 5. 730 berita. Serta isu itu menjadi trending topic di twitter sebanyak 30 kali.

Mengapa hasil riset ini perlu kita kupas? Dua alasan yang membuatnya penting baik dari sisi metode riset, ataupun substansi isu bagi sehatnya ruang publik.

Kita menyambut baik hadir konsultan dan periset baru: Digitroops. Ia mengkhususkan diri melakukan survei di dunia social media. Survei konvensional tatap muka sudah lazim dilakukan oleh LSI dan lembaga sejenis. Namun survei yang serius dan mengkhususkan diri pada dunia social media masih sangat kurang.

Loading...

loading...

Feeds