PT KAI Tambah Kereta untuk Angkutan Natal dan Tahun Baru

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mendekati libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, PT KAI Daop II Bandung menyediakan satu tambahan KA Lodaya tujuan Bandung, Yogyakarta dan Solo. Penambahan KA dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.


KA Lodaya tambahan itu rencananya akan mulai beroperasi pukul 09.50 WIB sejak 26 Desember hingga 1 Januari 2017 sedangkan keberangkatan malam mulai beroperasi 22-25 Desember 2016, pukul 21.30 WIB.

Manager Humas PT KAI Daop II Bandung, Ilud Siregar, menjelaskan, penambahan armada tujuan Bandung, Yogyakarta dan Solo ini berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya dimana penumpang lebih condong pergi ke arah Timur dibandingkan Barat (DKI Jakarta).

“Ini menjadi satu solusi angkutan libur natal dan tahun baru. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya lonjakan penumpang selalu terjadi di rute KA arah Timur,” terang Ilud.

Ilud memprediksi, lonjakan penumpang tahun 2016 diperkirakan mencapai 1.052.036 orang, jumlah tersebut bisa dikatakan meningkat jika dibandingkan tahun 2015 hanya 869.000 orang.

“Prediksi kami akan terjadi peningkatan 21 persen. Hal itu jadi target dengan adanya armada tambahan ini,” jelasnya.

Dikatakan Ilud, hingga saat ini PT KAI Daop II Bandung sudah mencatat pesanan tiket yang terjual sebanyak 80 persen dari akumulasi penjualan tiket yang ditargetkan.

“Sementara lonjakan H-2 atau tanggal 29 Desember 2016 sekitar 20 persen,” sebutnya.

Selain menyiapkan armada tambahan untuk angkutan libur natal dan tahun baru, Ilud mengungkapkan, PT KAI Daop II Bandung telah menyediakan 27 lokomotif dan satu cadangan KA serta siap mengoperasikan 82 perjalan yang terdiri dari 30 KA utama dan 52 KA lokal dengan total 54.308 sit per hari.

“Kami juga sudah menambah petugas jaga baik di statsiun atau di dalam gerbong serta menempatkan petugas pengamanan di daerah yang rawan longsor dan banjir seperti di Padalarang, Ciganea, Cicalengka, Banjar, Tasik dan Purwakarta,” tandasnya. (arh)

 

Loading...

loading...

Feeds