Polda Jabar Fokus Awasi Titik-titik Ini Saat Arus Libur Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi kemacetan yang terjadi di Pantura

Ilustrasi kemacetan yang terjadi di Pantura

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Semakin mendekati mudik perayaan Natal dan Tahun Baru, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengungkapkan bagaimana pengamanan yang bakal diterapkan pihak kepolisian.


Polda Jabar menerapkan pengamanan di jalur mudik yang nyaris serupa dengan Lebaran. Ada tiga jalur yang bakal diantisipasi yakni Jalur Pantura mencakup Cipali, Cikampek dan semua rest area termasuk pintu gerbang Brexit tol. Jalur Tengah Nagrek dan Selatan sampai banjar Ciamis.

“Di pos pengamanan disiapkan perkuatan Polri dan instansi lain,” ungkap Kapolda, Kamis(22/12/2016).

Untuk mengantisipasi bencana seperti longsor di jalur mudik tersebut, pihaknya akan menyiagakan alat berat seperti di Nagrek dan tol Cipali. Alat beratnya sudah stand by bukan pergeseran.

“Kami juga koordinasi dengan semua rest area. Dan dari Pertamina menyanggupi menyiapkan mobil dan motor bergerak untuk pengisian BBM dalam bentuk kantung kecil 5 liter untuk mengantisipasi stak arus di depan rest area,” bebernya.

Yusri juga menghimbau pengendara agar tidak terlalu lama berhenti di rest area. Meskipun begitu, pagar betis anggota di depan rest area tetap akan disiapkan.

“Di rest area paling lama satu jam agar tidak terjadi penumpukan. Bayar tol juga cuma sekali, masuk di Cikarang Utama, baru bayar pas keluar Brexit. Akan ada penambahan petugas juga dari outsourching untuk membantu pembayaran,” tutur Yusri.

Khusus jalur Puncak dan Nagrek, pihaknya akan menerapkan sistem buka tutup jalur dengan waktu agar tidak terjadi stak berkepanjangan.  Adapun waktunya melihat situasi di lapangan. “Selama roda berputar itu bukan stak, itu kepadatan arus,” tandasnya. (ca/rmo)

Loading...

loading...

Feeds