Membaik, Bayi Kembar Devani-Devina Masih Dipantau Dokter

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Meski diklaim membaik, tim dokter masih memantau kondisi bayi kembar siam asal Kabupaten Sumedang, Devani dan Devina, di Rumah Sakit Hassan Sadikin (RSHS), Jalan dr Djundjunan, Kota Bandung, Senin (19/12).


Devani dan Devina, berhasil dipisahkan, Jumat (16/12). Mereka harus melewat masa kritis dalam waktu dua hari usai menjalani operasi pemisahan selama 20 jam itu.

Apalagi kondisi Devina masih belum stabil lantaran masih dibantu alat pernafasan dan tingkat kesadarannya belum normal. Kaki kiri Devina pun disebut-sebut akan diamputasi lantaran mengalami gangguan.

Perwakilan tim dokter operasi pemisahan Devani dan Devina, dr Ezra Oktaliansah Sp.An.KIC KAP.M.kes, mengatakan, persoalan Devina memang bukan hanya tingkat kesadaran dan masih menggunakan alat bantu pernafasan.

Ia menyebut, Devina juga mengalami gangguan pada luka operasi di kaki sebelah kiri.

“Pada hari pertama ada gangguan aliran dari ke kaki setelah operasi pemisahan. Ada kehitaman di ujung jari kaki menandakan adanya gangguan,” kata Ezra.

Ditanya akan dilakukan amputasi? Ezra mengaku belum bisa memastikannya. Namun ia mengkalim jika gangguan yang terjadi di kaki kiri Devina mulai membaik setelah diobati.

“Dari pemantauan dua hari terakhir semakin membaik. Mudah-mudahan tak sampai dilakukan tindakan amputasi,” ujarnya.

Terkait dengan anus, Ezra mengatakan, Devina memang tak memilikinya. Sebab anus sebelumnya menyatu dengan Devani itu diberikan ke saudaranya. Rencananya Devani akan dibuatkan anus buatan.

“Untuk sementara, saluran pembuangan Devina ini lewat usus yang dijeluarkan lewat perut, ke depannya kami perlu penilain lagi, untuk rekontruksi (anus),” tutupnya. (nda)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …