Nonton Bioskop di Negara Ini Wajib Berdiri Saat Lagu Kebangsaan Dikumandangkan

Pemandangan di bioskop India, kini penonton harus berdiri saat lagu kebangsaan dikumandangkan di bioskop sebelum film ditayangkan. Foto: thestar

Pemandangan di bioskop India, kini penonton harus berdiri saat lagu kebangsaan dikumandangkan di bioskop sebelum film ditayangkan. Foto: thestar

POJOKBANDUNG.com- MENONTON bioskop di India kini lebih menegangkan. Bukan karena genre filmnya, tapi gara-gara kebijakan yang berlaku baru-baru ini.


Yaitu, seluruh penonton harus berdiri ketika lagu kebangsaan diputar sebelum film dimulai. Jika tidak, mereka terancam hukuman penjara. Sejauh ini ada 20 orang yang ditahan gara-gara mengabaikan aturan tersebut.

Kepala Polisi Thiruvananthapuram, Negara Bagian Kerala, India, Sparjan Kumar menjelaskan, 12 orang telah ditahan. Tepatnya pada acara festival film internasional yang berlangsung di negara bagian tersebut.

Polisi dan penyelenggara meminta para penonton untuk berdiri saat lagu kebangsaan diputar. Namun, 12 orang tersebut menolak.

“Mereka secara resmi ditahan dan kemudian dibebaskan dengan jaminan,” terang Kumar.

Kumar melanjutkan, pihaknya juga menahan delapan orang lainnya di bioskop Kasi di Kota Chennai. Saat lagu kebangsaan mulai diputar, delapan orang itu malah asyik berfoto wefie. Tindakan delapan orang itu memicu kemarahan penonton lainnya.

Mereka akhirnya ditahan dan didakwa melanggar Undang-Undang Pencegahan Penghinaan terhadap Kehormatan Nasional. Jika terbukti bersalah, mereka bisa dihukum hingga tiga tahun penjara.

Kebijakan pemutaran lagu kebangsaan sebelum film di bioskop dimulai itu ditelurkan Mahkamah Agung India pada 30 Agustus lalu. Sebagian penduduk berang dengan kebijakan yang dianggap melanggar kebebasan sipil tersebut. Namun, MA bersikukuh memberlakukannya.

“Penduduk harus sadar mereka hidup di sebuah negara dan sudah tugas mereka untuk menunjukkan rasa hormat terhadap lagu kebangsaan,” ujar hakim MA. Sebelum putusan MA tersebut, lagu kebangsaan hanya wajib diputar di bioskop di Negara Bagian Maharashtra. Itu pun penonton tidak wajib berdiri. (AFP/New York Times/sha/c6/any/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …