Alfamart Bantah Hoax Donasi Konsumen

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Beredarnya informasi seputar Donasi Konsumen Alfamart yang diperuntukkan sebagai dana kampanye politik langsung direspons manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Nur Rachman menjelaskan, program donasi konsumen yang tengah berjalan saat ini, periode 1 Oktober hingga 31 Desember 2016, bertajuk Membangun untuk Negeri.


“Bantuan disalurkan untuk Bidang Pendidikan dalam bentuk paket perlengkapan sekolah (seragam, tas, alat tulis, sepatu) bagi siswa yang kurang mampu serta pembangunan fasilitas publik seperti jembatan dan MCK bekerja sama dengan Yayasan Berani Bhakti Bangsa,” terang Nur.

Melalui program Donasi Konsumen perusahaan mengajak masyarakat luas berpartisipasi dalam berbagai aksi kemanusiaan yang bertujuan membantu masyarakat luas di berbagai sektor mulai dari pendidikan, kesehatan, serta sosial yang dihimpun selama periode tertentu.

Dalam pelaksanaannya, lanjut dia, perusahaan bekerja sama dengan Yayasan kredibel berskala nasional dan internasional seperti PMI, UNICEF, Happy Heart Fund, Yayasan Berani Bhakti Bangsa, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Kick Andy Foundation, dan lain-lain. Adapun kriteria pemilihan yayasan, diantaranya memiliki izin legalitas, struktur organisasi, tidak terkait SARA maupun Politik.

Untuk setiap program sosial yang dijalankan bersama yayasan, perusahaan telah memperoleh izin penggalangan dana masyarakat dari Kementerian Sosial RI, serta berkewajiban memberikan laporan pertanggungjawaban secara periodik.
Adapun mekanisme penggalangan donasi di toko, mengedepankan prinsip sukarela. Di mana konsumen memiliki hak sepenuhnya dalam menentukan kesediaannya berdonasi melalui Alfamart.

“Sesuai Standard Operating Procedure (SOP) perusahaan, pada saat transaksi belanja, kasir akan menawarkan kesediaan konsumen untuk berpartisipasi dalam program sosial yang sedang berjalan. Apakah uang kembalian Bapak/Ibu sebesar Rp 100 bersedia untuk didonasikan? Jika bersedia, maka konsumen dapat mengatakan YA atau langsung menekan tanda YES di layar dual LCD (jika komputer kasir tidak memiliki layar dual LCD, kasir akan membantu menekan tanda YES setelah menerima konfirmasi kesediaan donasi dari konsumen),” papar Nur.

Setelah transaksi selesai, kata dia, kasir akan memberikan struk sebagai bukti transaksi sekaligus berdonasi. Jika konsumen tidak bersedia, maka kasir akan menyelesaikan transaksi dan menyerahkan uang sesuai nilai kembalian seharusnya.

Perusahaan serta yayasan telah melakukan publikasi terkait informasi penyaluran donasi, yakni melalui media cetak, elektronik, sosial media twitter dengan account @alfamart atau instagram, line, dan facebook resmi Alfamart, serta website resmi perusahaan.(mun)

Loading...

loading...

Feeds