Wah, Pria Ini Mampu Tarik Uang tanpa Kurangi Saldo

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Aksi kejahatan di ATM kembali terjadi. Kali ini, pelaku Andi Fatelani alias Afat,31, dibekuk usai aksinya terungkap.


Tak hanya diringkus, pelaku sempat dikunci di dalam ruangan mesin ATM Bank Woori Saudara oleh petugas keamanan bank, Ismet,39, di Jalan Grand Hotel No 25, Lembang.

Kapolsek Lembang Kompol Widarjo mengungkapkan, pihaknya menerima laporan dari saksi mata Ismet, Rabu (14/12/2016) sekitar pukul 15.20 WIB, yang melihat kejanggalan dari gelagat pelaku yang mengganjal mesin ATM.

Widarjo mengungkapkan bagaimana pelaku bekerja. Awalnya, pelaku memang melakukan transaksi penarikan uang dengan maksimal penarikan uang sebesar Rp 1.250.000 dengan pecahan Rp 50 ribu sebanyak 25 lembar.

Nah, saat uang keluar dari mesin ATM, pelaku langsung mengganjal bibir mesin itu dengan jarinya hingga tertahan untuk otomatis menggagalkan transaksi oleh mesin ATM, padahal uang berhasil diambil.

“Teknis yang dilakukan pelaku membuat transaksi penarikan yang dilakukan sebelumnya dianggap gagal oleh mesin tanpa mengurangi saldo atau terdebit kembali di tabunganya karena mesin otomatis rusak. Padahal uang berhasil dia tarik,” tuturnya.

Widarjo menyebut jika pelaku sudah 30 kali melakukan aksi yang sama dengan kartu ATM miliknya. “Pelaku sudah tahu kelemahan mesin-mesin ATM jenis atau merk tertentu yang digunakan salah satu bank. Dia sudah tahu pola dan infrastruktur mesin bagaimana sistem kerja mesin dan memilih jenis mesin serupa,” jelasnya.

Dari tangan pelaku pihak kepolisian mengamankan barang bukti beberapa kartu ATM, dua kartu ATM Bank BCA, dua kartu Bank Mandiri, tiga ATM Bank BRI, dan satu ATM Bank Danamon, serta uang tunai pecahan Rp 50.000 senilai Rp 950.000.

“Atas perbuatannya tersangka dikenakan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun,” ujar Widarjo. (bie)

 

Loading...

loading...

Feeds