Mantan Bupati Subang Ojang Sohandi Dituntut 9 Tahun Penjara

Ojang Sohandi saat mendengarkan pembacaan tuntutan dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Bandung, Kamis (15/12).

Ojang Sohandi saat mendengarkan pembacaan tuntutan dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Bandung, Kamis (15/12).

Dalam dakwaan kedua, mantan ajudan Eep Hidayat diduga menerima gratifikasi yang jumlahnya mencapai Rp 38.293.000.000 dari sejumlah pihak. Sementara itu, dalam dakwaan ketiga, jaksa menilai Ojang menerima uang Rp 300 juta dari Elita Budiarti, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan yang juga Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang. Pemberian itu diduga diberikan karena jabatannya sebagai bupati.


Untuk pencucian uang yang diperoleh Ojang diduga disamarkan, di antaranya untuk membeli sejumlah tanah beserta bangunan, membeli sapi 30 ekor, mobil, serta memberi uang kepada Eep Hidayat (mantan Bupati Subang) sebesar Rp 2, 491 miliar, memberi uang kepada anggota Komisi A dan D DPRD Kabupaten Subang sebesar Rp 1.948.756.000, hingga membeli perangkat kampanye sebesar Rp 1,681 miliar.

“Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung pemerintah dalam program pemberantasan korupsi. Sementara yang meringankan, terdakwa berlaku sopan, mengakui perbuatan, ikut membantu dengan memberikan keterangan sejelas-jelasnya dalam persidangan,” tutur JPU.

Dengan tuntutan tersebut, baik Ojang maupun kuasa hukumnya akan membacakan pledoi atau nota pembelaan pada sidang selanjutnya, Kamis (22/12). Majelis hakim bakal menggeber sidang, mengingat masa tahanan Ojang yang bakal habis pertengahan Januari 2017.

“Jadi tanggal 11 Januari 2017, kami majelis hakim bisa membacakan putusan. Karena ini waktu yang sudah mepet,” kata Sormin, sebelum menutup sidang.(nda)

 

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …