Mantan Bupati Subang Ojang Sohandi Dituntut 9 Tahun Penjara

Ojang Sohandi saat mendengarkan pembacaan tuntutan dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Bandung, Kamis (15/12).

Ojang Sohandi saat mendengarkan pembacaan tuntutan dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Bandung, Kamis (15/12).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bupati Subang Nonaktif Ojang Sohandi dituntut sembilan tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum  (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap kepada dua jaksa di Kejaksaan Tinggi Jabar, Deviyanti Rochaeni dan Fachri Normallo.


Dalam persidangan yang berlangsung di ruang I Pengadilan Negeri Bandung, Kamis (15/12), JPU menilai Ojang melanggar tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 5 ayat (1) huruf a jo. UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP, yang tercantum di dakwaan primair.

Jaksa juga membuktikan dakwaaan keduanya, yakni Pasal 12b UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 65 ayat (1) KUHP. Dan, dakwaan ketiganya, yaitu Pasal 11 UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Bahkan, Ojang pun dianggap telah melakukan pencucian uang, yang dibuktikan dalam Pasal 3 UU No 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo. Pasal 65 ayat (1) KUHP.

“Meminta kepada majelis hakim menyatakan terdakwa bersalah sebagaimana yang tercantum dalam dakwaan pertama, kedua, ketiga, dan keempat, serta menjatuhkan pidana penjara selama sembilan tahun, serta denda Rp 300 juta subsider 6 bulan,” ucap JPU Ali Fitroh, dalam amar tuntutannya di hadapan Majelis Hakim yang dipimpin Longser Sormin.

Loading...

loading...

Feeds