Buset, Renovasi Gedung DPRD Cimahi Habiskan Duit Rp 8 Miliar

Pekerja menyelesaikan pembangunan Taman Aspirasi di Gedung DPRD Kota Cimahi, Kamis (15/12/2016). 
Foto: Achmad Nugraha/Job Radar Bandung

Pekerja menyelesaikan pembangunan Taman Aspirasi di Gedung DPRD Kota Cimahi, Kamis (15/12/2016). Foto: Achmad Nugraha/Job Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- Sejumlah fasilitas Gedung DPRD Kota Cimahi direvitalisasi  dengan menghabiskan dana mencapai Rp 8 Miliar.


Beberapa ruangan yang direnovasi di antaranya, ruang Badan Musyawarah, ruang Panitia Khusus dan empat ruang Komisi. Selain itu, ada pula penambahan beberapa ruangan, seperti pengadaan ruang arsip dan perpustakaan, kemudian masih akan dibangun juga gerai UMKM dengan memanfaatkan lahan parkir dan pemindahan mushola.

Sekretaris DPRD Kota Cimahi Budi Raharja menjelaskan, Sekretariat DPRD Kota Cimahi mengatakan sumber dana revitalisasi tersebut berasal dari pemanfaatan anggaran Dewan yang diprediksi menjadi silpa dan sudah dibahas dalam anggaran perubahan.

“Anggaran itu diperkirakan tidak akan terserap. Misalkan, perjalanan dinas itu dianggarkan Rp 30 miliar, tetapi di dalam perhitungan kami yang akan terpakai diperkirakan sekitar Rp 25 miliar. Nah, anggaran yang diperkirakan akan menjadi sisa itu lebih dulu kami ajukan di APBD Perubahan untuk dimanfaatkan,” terangnya.

Inisiatif itu, Budi menyebutkan, tak terlepas dari serapan anggaran yang tak maksimal dalam lima tahun terakhir. Setiap tahun, anggaran yang dimiliki Dewan terus meningkat, namun sejalan dengan hal tersebut sisa anggarannya juga terus bertambah. “Saya ingin membantu secara kelembagaan, jadi memanfaatkan anggaran yang diperkirakan tidak akan terserap pada tahun ini,” ujarnya.

Untuk diketahui, di tahun ini, DPRD Cimahi memiliki anggaran Rp 44 miliar pada pos belanja langsung pada APBD 2016. Di dalam APBD perubahan 2016, anggarannya ditambah Rp 12 miliar, sehingga nilainya menjadi Rp 56 miliar. “Dari Rp 56 miliar itu, nilai yang kami perkirakan bakal menjadi sisa ialah sekitar Rp 8 miliar. Anggaran itulah yang kami manfaatkan,” ucapnya.

Selain itu, dalam anggaran mencapai Rp 8 miliar itu, Sekretariat Dewan juga memanfaatkannya untuk membangun Taman Aspirasi, pengadaan e-perisalah, serta membuat Sistem Informasi Legislatif dan Eksekutif (Silegek). (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …