Kasus Dugaan Korupsi Jerat Kadisdik, Warning untuk Pejabat

Mantan Kadisdik Jawa Barat Asep Hilman

Mantan Kadisdik Jawa Barat Asep Hilman

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) meminta Gubernur Jabar Ahmad Heryawan untuk mengganti jabatan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Asep Hilman dengan pejabat baru.


Anggota DPRD Jawa Barat, Yomanius Untung menganggap usulan penunjukkan Kadisdik baru tersebut perlu dipertimbangkan oleh gubernur sebagai upaya menyelamatkan anggaran dan berbagai program kerja agar terealisasi secara baik.

Apalagi, pengelolaan pendidikan Jabar juga menyangkut nasib jutaan siswa dan guru di Jawa Barat. “Konsentrasi Kadisdik Jabar takutnya terganggu. Kami menilai penunjukan Kadisdik baru ini lebih kepada kepentingan program pendidikan agar berlangsung dengan baik. Tapi itu sepenuhnya hak gubernur,” jelasnya.

Ia menyerahkan sepenuhnya kepada aparat hukum terkait kasus yang menjerat Kadisdik Jabar tersebut. “Kami percaya betul kasus ini akan ditangani secara profesional oleh aparat penegak hukum dan kita juga harus menerapkan azas praduga tak bersalah kepada Kadisdik Jabar,” kata dia.

Kasus dugaan korupsi yang menjerat Asep Hilman, kata Untung, harus menjadi peringatan bagi para pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat maupun dinas lainnya agar lebih berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan terkait dengan dunia pendidikan. “Kasus ini harus jadi ‘warning’ bagi semua pihak di Jawa Barat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemprov Jabar sendiri menghormati proses hukum yang tengah dijalani Kadisdik terkait dugaan korupsi pengadaan buku pada 2010 silam.

Kepala Biro Humas, Protokol, dan Umum Pemprov Jabar Ruddy Gandakusumah mengatakan, akan mengedepankan azas praduga tak bersalah dalam kasus yang menimpa rekan sejawatnya itu.

“Kami pun mohon kepada semua agar mengedepankan azas praduga tak bersalah,” kata Ruddy di Gedung Sate, Bandung, Selasa (20/10). Selain itu, Ruddy memastikan pihaknya akan memberi bantuan hukum kepada Asep. (mun)

Loading...

loading...

Feeds