Heboh, Warga Satu Kampung Keracunan Kerang Hijau

POJOKBANDUNG.com, CIREBON- Suasana duka nampak menggelayut di sebuah rumah bercat hijau di Desa Surakarta, Blok 3, Kecamatan Suranenggala, Kab Cirebon, Senin (12/12/2016).


Di sisi pintu depan rumah itu,  seorang ibu muda terus menangis. Sejumlah tetangga lainnya mencoba menenangkan ibu muda yang baru saja kehilangan anak bungsunya tersebut.

Ibu muda ini diketahui bernama Lina,34. Dia adalah ibu dari Farel Setiawan,2, balita yang tewas diduga karena menyantap hidangan olahan kerang hijau. Farel adalah 1 dari sebanyak 23 warga dari beberapa desa di Kecamatan Suranenggala yang diduga keracunan usai mengonsumsi kerang hijau, Minggu (11/12/2016).

Selain Farel, satu korban tewas lainnya adalah Kamiri,53, warga Desa Suranenggala Lor. Kamiri meregang nyawa tak lama setelah mengonsumsi kerang hijau.

Usut punya usut, kerang hijau yang dikonsumsi para korban ternyata tak bersumber dari satu orang. Ada beberapa korban diketahui mendapatkan kerang dari beberapa pengepul dan pedagang kerang yang ada di wilayah Surakarta dan Suranenggla Kulon.

Menurut keterangan ayah Farel, Sidik, kerang hijau itu didapatkan dari tetangga rumahnya. Saat itu tetangganya dikirimi dua kantong besar kerang hijau dari AW,32, warga Suranenggala Kulon. “Itu tidak beli, jadi tetangga dapat dua kantong, lalu ngasi ke saya satu kantong,” ujar Sidik.

Setelah diterima, kerang kemudian dibersihkan dan dimasak sekitar pukul 17.00 WIB dengan bumbu cabai dan bawang. Sekitar pukul 17.30 WIB, hidangan kerang hijau pun kemudian disantap satu keluarga, sementara tetangganya yang sudah memasak lebih awal, rupanya mengirimkan lagi hasil masakannya ke tetangga tetangga lainnya.

Satu persatu mereka yang menyantap kerang hijau keracunan. Dikatakan Sidik, sebenarnya dari rasa kerang hijau yang ia makan tak ada bedanya dengan kerang hijau pada umumnya. Namun diakuinya, untuk kerang hijau yang saat itu ia konsumsi memang agak lain. Perbedaan mencolok terlihat dari cangkang kerang yang terlihat terlalu kuning.

Sementara itu Siti,45, salah satu warga yang ditemui di Suranenggla Kulon mengatakan bisa jadi kerang hijau yang dikonsumsi tersebut mengandung racun karena akhir-akhir ini sungai sering banjir sehingga membawa limbah dan racun industri ke laut. “Dugaan sih dari air limbah pabrik yang terbawa banjir sampai ke laut. Tapi ya itu juga baru dugaan,” katanya. (dri/jpg)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …