Wapres JK Sebut Profesi Akuntan Sangat Penting

jusuf_kalla

jusuf_kalla

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Profesi seorang akuntan dinilai sangatlah penting bagi pertumbuhan perekonomian untuk menyusun berbagai laporan keuangan disemua lini baik satu perusahaan ataupun mengatur keuangan negara. Tak kala, ketika negara membutuhkan satu laporan anggaran supaya  transparan maka dibutuhkan seorang akuntan handal dan profesional.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, saat menghadiri acara peluncuran Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) yang diinisiasi dan diterbitkan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Trans Hotel, Jalan Gatot Subroto Kota Bandung.

Menurutnya, kehadiran seorang akuntan termat penting dalam mengusun satu laporan keuangan, sehebat apapun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tanpa laporan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dimana ada unsur orang-orang akuntan maka, sistem tidak akan berjalan.

“Negara yang maju harus mempunyai sistem pengelolaan keuangan yang baik dan diciptakan secara dinamis. Pengelolaan keuangan ya’ oleh orang yang ahli yaitu akuntan,” ucap JK dihadapan para akuntan, Kamis (8/12).

JK mengatakan, seorang akuntan juga harus memiliki komitmen tegas dan berani saat bekerja karena seorang akuntan bisa memeriksa keuangan secara forensik setiap anggaran dan mengupas segala penyimpangan secara lugas dan terbuka.

“Modal akuntan hanya dua, otak dan hati, tanpa otak pekerjaan tidak bisa berjalan, tanpa hati mereka tidak bisa jujur. Itulah yang harus menjadi pegangan kepercayaan,”  terangnya.

JK menjelaskan, profesi seorang akuntan kenapa berpengaruh besar pada perekonomian negara. Hal tersebut dikarenakan, seorang akuntan pasti tahu kondisi keuangan satu lembaga perusahaan termasuk intansi negara sekalipun.

“Tidak ada profesi yang bisa tembus mengurus segala keuangan selain mereka (akuntan). Maka dari itu akuntan harus bisa menjaga integritasnya dan kepercayaan publik,” imbuhnya.

JK berharap, untuk membangun negeri lebih baik ke depannya seorang akuntan senior bisa mengajarkan ilmunya kepada akuntan junior.

“Akuntan itu sifatnya melakat pada diri sendiri layaknya seperti lowyer, jadi seorang akuntan hanya dikenal satu orang, tidak ada nama akuntan Surya Semesta,” ujar JK mengajak tersenyum peserta.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) IAI, Mardiasmo menambahkan, pihaknya merasa bertanggung jawab untuk memastikan setiap akuntan bisa mempertahankan kredibilitas dan mengasah profesionalisme kinerja.

“Kami terus upayakan berbagai program peningkatan kapasitas dan kualitas profesi akuntan, salah satunya meluncurkan SAK EMKM sebagai upaya kami membangun negeri,” terangnya.

Mardiasmo melanjutkan, IAI merupakan pelaku utama dalam upaya konvergensi standar akuntan keuangan yang berlaku global sekaligus mengakomodasi seluruh kepentingan sektor bisnis, mulai dari entitas besar seperti perusahaan pabrik hingga yang terkecil disektor mikro. Maka demi menjaga integritas dan melaksanakan kode etik pihaknya juga telah menyusun satu buku panduan akuntan.

“Kami juga juga sudah menyelenggarakan CA (Carter Accountant) yakni Sertifikat profesi akuntan dan akan menjadi identitas seorang akuntan Indonesia untuk dunia global,” tandasnya.(arh)

 

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …