Korban Meninggal di Pidie Jaya dan Bireuen Capai 52 Orang

PASCA GEMPA: Santri membersihkan puing kubah masjid Dayah Ma'hadal Ulum Diniyah Islamiah (MUDI) Masjid Raya Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh, Rabu (7/12).

PASCA GEMPA: Santri membersihkan puing kubah masjid Dayah Ma'hadal Ulum Diniyah Islamiah (MUDI) Masjid Raya Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh, Rabu (7/12).

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, korban meninggal dunia akibat gempa di Pidie Jaya dan Bireuen, Aceh hingga Pukul 13.10 WIB, Rabu (7/12), 52 orang.


Kemudian, luka berat 73 orang dan luka ringan 200 orang.

Rinciannya, korban meninggal di Pidie Jaya 50 orang. Empat di antaranya telah berhasil diidentifikasi.

Sementara di Bireuen korban meninggal dua orang.

“Gempa berkekuatan 6,5 SR yang terjadi sekitar Pukul 05.03 WIB, juga mengakibatkan ‎sepuluh ribu jiwa terdampak,” ujar Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho pada konferensi pers yang digelar di Graha BNPB, Rabu siang.

Selain itu, gempa juga mengakibatkan 105 ruko dan 125 rumah roboh, 14 masjid roboh. Kemudian, Rumah Sakit Pidie juga rusak berat‎ dan satu sekolah rusak berat.

Menurut Sutopo, banyaknya korban jiwa dan bangunan, diakibatkan gempa terjadi dengan mekanisme mendatar di kedalaman 15 km.

“Guncangan di Pidie Jaya dengan kondisi keras tadi, maka bangunan yang tidak didesain tahan gempa akan roboh‎,” tutur Sutopo.(gir/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …