Astaga… Gempa Aceh Serupa dengan Bom Hiroshima

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Bernadus Wisnu Widjaja, mengatakan, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya menyerupai guncangan yang ditimbulkan bom atom Hiroshima. Hal itu berdasarkan skala guncangan yang dihasilkan gempat bumi berkekuatan 6,4 SR itu.

“Informasi skala guncangan awal 3-4, tapi terakhir sampai enam. Jika skala lima sudah menyerupai bom atom, sedangkan kalau nilainya naik satu, guncanganya 30×40 bom atom,” ujarnya saat ditemui di Kantor Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (7/12).

Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Bernadus Wisnu Widjaja. (nida)

Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Bernadus Wisnu Widjaja. (nida)

Wisnu memastikan, gempa bumi di Pidie Jaya tak akan menimbulkan tsunami. Sebab pusat gempa berada di daratan. Adapun gempa susulan, kata dia, guncangannya terasa lebih kecil.

“Susulan biasanya mengecil, biasanya terjadi besar energi tertata dengan gempa kecil dan habis,” paparnya.

Wisnu mengatakan, BNPB telah berada di lokasi. Nantinya akan dibentuk tim koordinasi untuk penanganan korban gempa bumi. Sebab ia meyakini masih ada warga Pidie Jaya yang tertimbun reruntuhan bangunan.

“Untuk tanggap darurat diberlakukan 14 hari ke depan,” pungkasnya.(nda)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …