Si Goler, Penodong Siswa SMPN 2 Bandung Dihajar Pelor Polisi

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Winarto memperlihatkan barbuk alat kejahatan penodong siswa SMN 2 Bandung. (nida)

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Winarto memperlihatkan barbuk alat kejahatan penodong siswa SMN 2 Bandung. (nida)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – DDS alias Goler (35) berjalan pincang masuk ke Markas Polsek Regol, Jalan Moh Toha, Kota Bandung, Senin (5/9). Betis kaki kanannya terluka akibat dihajar timah panas anggota Reskrim Polsek Regol.


Pria yang kesehariannya berjualan kopi dan rokok di pinggir jalan Kota Bandung itu, terpaksa dilumpuhkan lantaran melawan ketika hendak ditangkap. Goler diduga terlibat kasus penodongan lima pelajar SMP Negeri 2 Kota Bandung di dalam angkot pada Kamis (17/11).

Goler ditangkap di daerah Bayongbong, Kabupaten Garut, Senin (5/12) pukul 04.00 WIB. Ia ditangkap setelah unit Reskrim Polsek Regol menangkap US (26), terlebih dulu pada Sabtu (3/12) pukul 17.00 WIB.

“Dua pemuda ini komplotan penodong yang terjadi di angkot. US merupakan joki sepeda motor, sedangkan DDS merupakan pelaku penodongan,” ujar Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Winarto, kepada wartawan di Markas Polsek Regol.

Dari kedua tersangka, kata Winarto, petugas menyita sabilah kapak hitam yang digunakan pelaku menodong korban di dalam angkot. Selain itu, polisi juga menyita satu unit sepeda motor yang digunakan kedua tersangka sebelum melakukan aksi.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, kedua tersangka ini baru pertama kali melakukan aksinya. Mereka baru coba-coba,” paparnya.

Dikatakan Winarto, Goler memang diketahui seorang residivis. Namun Goler yang memilik tato di sebagian tubuhnya itu terjerat kasus kepemilikan senjata tajam (sajam). Sebelumnya Goler belum pernah melakukan aksi kejahatan serupa.

“Keduanya dikenakan pasal 365 jo pasal 53 KUHPidana,” jelasnya.

Winarto, mengatakan, pelaku penodongan lima siswa SMP Negeri 2 Kota Bandung hanya berjumlah dua orang. Sopir angkot, kata dia, tiidak terlibat dalam kasus tersebut.

“Untuk masyarakat jangan khawatir naik angkot. Ini baru kasus pertama terjadi dan motifnya baru coba-coba,” paparnya.

Winarto pun menjamin keamanan masyarakat yang naik angkot. Ia telah berkoordinasi dengan pemerintah Kota Bandung dan Organda Kota Bandung untuk memberikan keamanan terhadap penumpang angkot.

“Kami tidak akan segan-segan menindak tegas para pelaku kejahatan yang beraksi di Kota Bandung,” tungkasnya.

Goler yang meringis kesakitan ketika digiring ke sel tahanan Polsek Regol, Jalan Moh Toha, Kota Bandung, tak menyangka bakal berurusan dengan polisi setelah melarikan diri ke daerah Kabupaten Garut.

Masuk bui memang bukan pengalaman pertama Goler. Dia mengaku sudah pernah masuk penjara lantara terlibat kasus kepemilikan senjata. Pria yang sebagian tubuhnya dipenuhi tato itu mengaku baru melakukan aksi penodongan di dalam angkot.

“Waktu itu saya gelap (khilaf). Lagi mabuk (minuman keras),” kata Goler ketika ditanya awak media.

Awalnya, ia dan bersama US (26) hanya berkeliling Kota Bandung dengan sepeda motor usai menenggak minuman keras. Tiba-tiba, kata dia, terlintas niat melakukan penodongan ke penumpang yang ada di dalam angkot.

“Jadi spontan aja, ada angkot langsung naik, yang bawa ponsel langsung saya minta,” tuturnya.

Untuk memuluskan niatnya, Goler membeli sebilah kapak hitam. Kapak itu untuk menakut-nakuti atau melukai korban jika melakukan perlawanan. Ia membeli kapak hitam itu di pasar yang ada di kawasan Tegalega.

“Belinya pas sebelum kejadian. Harganya Rp 20 ribu,” kata Goler seraya mengaku tidak kenal dengan sopir angkot yang dinaiki lima korbannya.(nda)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …