Niat Baik Dahlan Iskan, Jadi Dirut PT PWU tanpa Digaji

yusril ihza

yusril ihza

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Niat baik tak selalu berbuah manis. Itulah yang didapat mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan.


Awal tahun 2000 lalu, dia diminta Gubernur Jatim Imam Utomo untuk menjadi direktur BUMD Panca Wira Usaha. Berniat menyelamatkan nasib perusahaan itu, Dahlan menyatakan kesanggupannya asalkan status perusahaan diubah menjadi perseroan terbatas (PT).

“Kemudian diubah jadi PT dan Pak Dahlan jadi dirut,” tutur kuasa hukum Dahlan, Yusril Ihza Mahendra di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Minggu (4/12).

Bahkan, selama menjabat sebagai dirut PT PWU, Yusril mengatakan bahwa Dahlan tidak mau digaji.

“Beliau sendiri mengatakan bersedia jadi direktur tanpa menerima gaji apapun, Pak Dahlan karena banyak perusahaan-perusahaan beliau, untuk PWU ini gratis tanpa digaji, karena niatnya untuk benahi perusahaan daerah supaya maju,” tegasnya.

Dalam penyidikan maupun surat dakwaan yang disampaikan JPU, Dahlan didakwa melakukan tindak pidana korupsi dalam penjualan dua aset PWU di Tulung Agung dan Kediri

Kata Yusril, aset PT PWU terbilang banyak aset-aset yang tidak diurus. Diantaranya di Tulung Agung dan Kediri. Aset tersebut berupa tanah. Karenanya, Dahlan membentuk tim untuk menilai aset-aset tersebut yang belakangan disebut tim penjualan aset.

“Dijual dengan maksud setelah dapat uangnya, dibelikan aset lagi dalam bentuk tanah,” sambung Yusril.

Sebelumnya juga ada aset PWU di Karang Tilang, Surabaya. Namun, tidak bisa dimanfaatkan karena tanahnya bolong-bolong dan belum dibebaskan.

Nah, dengan penjualan dua aset di Tulung Agung dan Kediri, maka tanah bolong-bolong di Surabaya tersebut dibebaskan seluruhnya. Sehingga, tanah itu memiliki nilai ekonomis sangat tinggi. “Secara faktual sangat menguntungkan. Jadi, nggak ada rugi apa-apa. Bisnis saja. Perusahaan sangat diuntungkan,” tukasnya.

Sementara itu, kuasa hukum Dahlan lainnya, Agus Yuwarsono mengaku akan membuktikan bahwa kliennya tidak ada niat untuk memperkaya diri dengan kebijakan melepaskan aset tersebut.

“Apakah beliau perkaya diri sendiri, wong dirinya saja dijaminkan untuk besarkan PT PWU. Ini akan kami buktikan di pengadilan,” pungkasnya. (dna/JPG)

Loading...

loading...

Feeds

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …