Ribuan Demonstran Terus Bertambah, Jalan Kaki ke Jakarta

Ribuan muslim asal Ciamis demo ke Jakarta dengan berjalan kaki.

Ribuan muslim asal Ciamis demo ke Jakarta dengan berjalan kaki.


POJOKBANDUNG.com, CIAMIS
– Ribuan kaum muslim Ciamis meneruskan jalan kaki ke Jakarta. Sampai Isa, ribuan demonstrans yang menuju Jakarta untuk mengikuti demo 2 Desember nanti itu, istirahat di Malangbong, Garut.


Kemarin pagi (29/11), pukul 07.30, ribuan kaum muslim dan muslimat, yang sebelumnya istiarat di Pesantren Miftahul Huda Utsmaniyah, Dusun Cikole Desa Cijulang Cihaurbeuti Ciamis meneruskan perjalanan. Sehari sebelumnya, mereka start dari Masjid Agung Ciamis.
Rombongan umat muslim Ciamis ini –yang melakukan aksi jalan kaki—
ini dipimpin KH Ma’sum Ahmad Ahsan, sesepuh Ponpes Miftahul Huda Utsmaniyah Cihaurbeuti, Ciamis.

Menurut KH Ma’sum, ribuan jamaah berjalan ke Jakarta dengan semangat juang tinggi. Mereka tanpa lelah memperjuangkan keadilan dan mengikuti demo Bela Islam III pada 2 Desember.
KH Ma’sum mengatakan telah beristirahat di sekitar Ciawi ketika waktu Dzuhur. Mereka istirahat dan melaksanakan salat Dzuhur.

“Alhamdulillah semua tetap semangat dan sebagian ada yang ikut bergabung dari sini,” ujarnya saat dihubungi kemarin (29/11).

Kata dia, selama di perjalanan, rombongan muslimin Ciamis disambut warga yang sudah stand by menunggu kedatangannya di jalan. Mereka membagikan makanan dan ninuman kepada ribuan umat muslim yang telah menempuh perjalanan cukup jauh.

“Subhanallah antusias warga sangat luar biasa, massa terus bertambah dan sebagian dari warga ada juga yang menangis terharu melihat perjuangan kami,” ungkapnya.

Kemarin sore, ketika Ashar, rombongan kembali beristirahat di daerah Malangbong, Garut. Setelah itu melakukan perjalanan dan kembali ketika memasuki waktu magrib pun berhenti untuk istirahat dan salat masih di wilayah Malangbong, Garut.

Dari situ rombongan semakin bertambah dengan para relawan yang bergabung dari daerah Malangbong. Dia pun merasa optimistis massa akan semakin bertambah mencapai puluhan ribu orang hingga Jakarta nanti.

“Tadi sudah ada konformasi dari Bogor pun akan jalan kaki menuju Jakarta,” ungkap ulama kharismatik ini.

Sebelumnya, ribuan umat muslim Ciamis melakukan long march atau berjalan kaki ke Jakarta Senin (28/11). Mereka akan ikut demonstrasi Bela Islam III pada 2 Desember atau aksi 212. Perjalanan menuju Ibu Kota dimulai dari Ciamis.

“Bagi Allah tidak ada yang tidak mustahil jadi kita jalan kaki menuju Jakarta start dari Masjid Agung (Ciamis). Kita sampai Tasik estafet. Lanjut ke Garut, estafet,” ujar Komandan Lapangan Long March Bela Islam III Ustad Deden Badrul Kamal alias Mama Golangsing saat ditemui di Masjid Agung Ciamis Senin siang (28/11).

Keputusan kaum muslim Ciamis jalan kaki ke Jakarta, karena Mabes Polri melarang perusahaan otobus (PO) mengantar demonstrans 212. Namun, Mabes Polri, kemarin telah membolehkan perusahaan bus mengangkut calon pendemo ke Jakarta. Itu setelah Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya mengambil jalan tengah atas polemik aksi damai 2 Desember atau demo 212. Keduanya bersepakat untuk memindahkan demonstrasi dan salat Jumat yang awalnya direncanakan di Bundaran HI ke Monumen Nasional (Monas).

Senin malam, sesepuh Ponpes Miftahul Huda Utsmaniyah Cihaurbeuti, Ciamis, KH Ma’sum Ahmad Ahsan mengatakan walaupun Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian sudah membolehkan PO Bus mengangkut pendemo 212, para pendemo dari Ciamis akan terus jalan kaki ke Jakarta.
“Kami tetap memperlihatkan komitmen kami, dan melihat opini dan melihatkan kepada masyarakat bahwa umat Islam tidak main-main,” ungkapnya saat dihubungi Radar. (obi)

Loading...

loading...

Feeds

Jabar Surplus Stok Pangan Jelang Libur Nataru

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan ketersediaan stok 11 komoditas pangan strategis di 27 kabupaten/kota menjelang Libur …
ribuan buruh dmeo depan gesat

UMK 2023 di Jabar Resmi Ditetapkan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jawa Barat tahun 2023 pada …

Tangis Haru Antar Jenazah Aipda Sofyan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Peristiwa bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar pada Rabu pagi (7/12), menyisakan duka mendalam bagi keluarga korban, …