Soal Lambang “Palu Arit” di Uang Baru Rp 100 Ribu, Ini Penjelasan BI

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Beredarnya informasi di medsos tentang uang kertas pecahan Rp100 ribu tahun 2014 yan mempunyai tanda atau gambar “Palu Arit”, menuai tanggapan dari pihak Bank Indonesia.


Menurut Hasiholan Siahaan selaku
Kepala Divisi Penanggulangan Uang Palsu Bank Indonesia, pada setiap uang kertas Rupiah yang masih berlaku (mulai pecahan Rp 1.000 sampai Rp100.000) terdapat Unsur Pengaman yang disebut sebagai Rectoveso atau Gambar Saling Isi.
“Rectoverso pada uang kertas Rupiah dapat dilihat pada bagian depan uang di sudut kiri atas dibawah angka nominal dan pada bagian belakang uang di sudut kanan atas di bawah nomor seri,” ujar Hasiholan dalam siaran persnya.

img-20161111-wa0037

Penampakan uang pecahan baru Rp 100 ribu yang diisukan ada lambang “palu arit” nya.

Rectoverso adalah suatu teknik cetak khusus pada uang kertas dimana pada posisi yang sama dan saling membelakangi di bagian depan dan bagian belakang uang kertas terdapat suatu ornamen khusus seperti gambar tidak beraturan.
“Namun demikian apabila Rectoverso pada uang kertas diterawang ke arah cahaya maka akan terbentuk suatu gambar yang beraturan.
Pada setiap pecahan uang kertas Rupiah, Rectoversonya membentuk ornamen lambang “BI” (singkatan dari Bank Indonesia),” paparnya.

Sejauh ini Rectoverso adalah unsur pengaman yang sulit dipalsukan.
Selain digunakan pada uang kertas Rupiah, unsur pengaman Rectoverso juga digunakan oleh banyak negara, seperti uang kertas Malaysia Ringgit (membentuk ornamen bunga) dan  uang kertas Euro (membentuk ornamen nilai nominal).

“Dengan demikian Rectoverso pada bagian belakang uang kertas Rupiah tahun 2014 adalah Tidak Benar merupakan ornamen atau lambang “Palu & Arit”, jadi jangan khawatir dengan uang Rupiah kita,” tandasnya. (nto)

 

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …