Ribuan Peserta Ikuti Puncak HKN

 


POJOKBANDUNG.com, SUMEDANG–Acara puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tingkat Kabupaten Sumedang digelar Sabtu (12/11). Acara puncak tersebut diisi dengan berbagai kegiatan seperti gerak jalan sehat, senam zumba dan pembagian hadiah menarik seperti kompot gas, dan sepeda gunung, hingga door prize satu unit sepeda motor dari Bank Jabar Banten (bjb) Cabang Sumedang selaku sponsor utama.

Tidak hanya melakukan jalan sehat, sambil berjalan peserta yang dibekali kantong keresek juga berlomba-lomba mengumpulkan sampah yang mereka temui di rute jalan sehat. Sedikitnya 3000 peserta mengikuti kegiatan tersebut. Mereka diantaranya terdiri dari unsur Dinas Kesehatan, RSUD Sumedang, Polres, GOW (Gabungan Organisasi Wanita), kader PKK, Lansia dan Puskesmas. Hadir pula dalam acara yang berlangusng meriah itu, Bupati Sumedang, Kepala bjb Cabang Sumedang, Kepala Dinas Kesehatan, Dirut RSUD, pimpinan RS Pakuwon, Wakapolres, Komandan Subdenpom sejumlah anggota DPRD Komisi C serta tamu penting lainnya.

Adapun tema HKN ke-52 Tahun 2016 adalah ‘Indonesia Cinta Sehat’, dengan sub tema Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat. Menurut Ketua Panitia, Ny. Ai Komariah, tema ini harus dimaknai secara luas, seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Bahwa pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, perlunya mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif. Karena sehat adalah milik kita, tidak pandang usia, sehingga pada setiap tahapan siklus hidupnya sejak usia dini hingga lanjut usia harus cinta sehat.

“Jumlah pesertanya diluar dugaan, kami targetkan 50 kontingen yang ikut, tapi ternyata membludak sampai 95 kontingen,” katanya.

Dia berharap kegiatan ini bisa meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan antar warga Sumedang. Lebih jauhnya pelayanan kesehatan untuk masyarakat bisa lebih ditingkatkan.

“Kesadaran masyarakat Sumedang akan pentingnya kesehatan sudah bagus, tapi kita ingin lebih optimal lagi,” ujarnya.

Kepala bjb cabang Sumedang, Dani Sutarman mengapresiasi kegiatan ini. Dia berahap dengan kegiatan ini masyarakat khususnya di Sumedang, bisa lebih menyadari pentingnya kesehatan.

“Mudah-mudahan kegiatan yang menyehatkan seperti ini menjadi kebiasaan sehari-sehari masyarakat. Sehingga Sumedang bisa lebih sejahtera, sesuai dengan sub tema ‘Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat’,” tuturnya. (adv/gun)

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …