Ekonomi Kreatif Sumbang 15 Persen PDRB Kota Bandung

Lusi Lesminingwati

Lusi Lesminingwati

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kontribusi ekonomi kreatif terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Kota Bandung tergolong baik. Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kota Bandung Lusi Lesminingwati mengatakan, pada tahun ini, kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDRB Kota Bandung mencapai 15,4% hingga Oktober kemarin.


Menurutnya, capaian tersebut cukup baik di tengah persoalan ekonomi yang terjadi akhir-akhir ini. Namun, dirinya mengaku belum mengetahui angka pasti PDRB Kota Bandung saat ini.

Begitu pun saat ditanya jumlah tenaga kerja yang terserap oleh aktivitas ekonomi kreatif, dirinya belum mengantungi data pasti.

“Kita sedang update,” kata Lusi saat menghadiri peresmian ‘co-working space’ oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), di Jalan Cipaganti, Kota Bandung, Kamis (10/11).

Menurutnya, ekonomi kreatif di Kota Bandung ini melibatkan sekitar 200 ribu pelaku usaha kecil menengah. Dia menuturkan, aktivitas ekonomi kreatif di Kota Bandung masih didominasi oleh tiga sektor utama yakni kuliner, busana, dan kerajinan.

Keberadaannya saat ini sudah menjamur di ibu kota Provinsi Jawa Barat tersebut. “Ketiga sektor tadi enggak bisa dilepaskan, potensinya besar, apalagi di era digital saat ini,” ucapnya.

Untuk meningkatkan potensinya, Pemerintah Kota Bandung melakukan sejumlah upaya. Salah satunya dengan memperbanyak ruang umum yang dilengkapi akses internet.

Selain itu, kata dia, pihaknya pun menyiapkan aplikasi untuk mendata setiap produk yang dihasilkan. “Saat ini sudah ada 30 ribu produk yang terdaftar,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Regional Sales Manager Rabbani Area Jabar Memet Pardiansyah mengatakan, penjualan busana muslim di Indonesia masih tumbuh bahkan di atas 20%. Kelesuan ekonomi yang saat ini terjadi, menurutnya tidak terlalu berpengaruh terhadap industri pakaian.

Meski merahasiakan angka pastinya, dirinya optimistis target penjualan tahun ini akan tercapai. “Sekarang sudah tercapai 90%,” katanya seraya menyebut saat Ramadhan kemarin penjualannya naik tiga kali lipat.(azm)

Loading...

loading...

Feeds

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …