Kini, Blanja.com Jadi Platform E-Commerce Mitra Binaan Seluruh BUMN

Rini Soemarno

Rini Soemarno

LABUAN BAJO – Kini, digitalisasi bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mitra binaan seluruh BUMN dintegrasikan ke dalam situs e-commerce milik Telkom Group, blanja.com.


Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, dengan laman blanja.com, Kementerian BUMN meminta semua BUMN memanfaatkan platform serupa dalam memasarkan produk UMKM binaan maupun produk/jasa masing-masing BUMN.

“Apalagi sudah ada kerjasama hari ini dari blanja.com dalam wadah sinergi BUMN dengan Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN untuk sektor pembayaran, Pos Indonesia untuk sektor logistik, serta dukungan finansial yang diberikan Permodalan Nasional Madani (PNM,red),” katanya melalui keterangan pers pada acara sinergi BUMN di Labuan Bajo, NTT, akhir pekan lalu.

Menurut dia, digitalisasi sekaligus sinergi UMKM melalui blanja.com adalah wujud nyata implementasi visi Presiden Joko Widodo memperkuat sektor UMKM dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara digital ekonomi terbesar di ASEAN tahun 2020.

CEO Telkom Group Alex J. Sinaga mengatakan, blanja.com merupakan etalase daring seluruh produk UMKM binaan BUMN guna mendorong persaingan pelaku usaha ke tingkat global. Jadi, kata dia, diperlukan sinergi BUMN dalam meningkatkan kompetensi dan daya saing pelaku usaha mikro.

“Selain blanja.com, sinergi dihadirkan melalui pendirian Rumah Kreatif BUMN. Di dalamnya, ada bimbingan dan pelatihan UMKM, yang direncanakan Kementerian BUMN hadir di 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Di sini, Telkom Group memberikan dukungan berupa digitalisasi bisnis melalui platform blanja.com,” tukasnya.

Alex mengatakan, sebagai BUMN yang bergerak di industri ICT, Telkom akan menyokong digitalisasi bisnis yang mereka tekuni sebagai ikhtiar perusahaan selalu menjadi motor dalam komunitas digital Indonesia.

Rumah Kreatif sendiri dicanangkan selain oleh Telkom Group, juga Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Pertamina dan PLN. Hingga akhir 2016, ke-tujuh BUMN itu akan menyelesaikan 100 unit Rumah Kreatif, termasuk satu unit di Kabupaten Manggarai Barat yang telah diresmikan dan siap dioperasikan.

“Terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung hadirnya Rumah Kreatif BUMN di Labuan Bajo. Semoga Rumah Kreatif BUMN dapat memberikan manfaat ke UMKM, sehingga produk yang mereka pasarkan memiliki kualitas terbaik untuk mendunia,” pungkas Rini M. Soemarno, usai meresmikan dan meninjau Rumah Kreatif BUMN. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …