Alhamdulillah… Gempa Subang Tak Timbulkan Kerusakan

gempa

gempa


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat waspada akan terjadinya gempa susulan di Subang. Meski berskala lebih kecil, warga diminta hati-hati dan bersiaga untuk mengantisipasinya.

Kepala Sub Bidang Gempa Bumi dan Tsunami PVMBG Sri Hidayati mengatakan, gempa bumi di Subang yang terjadi pada Rabu (19/10/2016) pagi berkekuatan 6,5 skala richter. Berdasarkan catatannya, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Menurutnya, penyebab gempa bumi ini adanya aktivitas zona subduksi dengan mekanisme sesar normal. “Berdasarkan posisi kedalaman dan pusat gempa bumi yang sejajar dengan zona benioff, maka diperkirakan kejadian gempa bumi tersebut bersumber dari aktivitas zona subduksi,” ucapnya saat dikonfirmasi di Bandung, Rabu (19/10/2016).

Gempa bumi itu terjadi pada koordinat 5.29 Lintang Selatan dan 108 Bujur Timur (BT). Menurutnya, gempa bumi berskala 6,5 richter berada di kedalaman 654 kilometer yang berjarak 120 kilometer timur Subang.

“Gempa terasa hingga wilayah Jabar dan DKI Jakarta,” katanya. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar Haryadi Wargadibrata mengatakan, tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa bumi tersebut.

Dia mengaku sudah menghubungi pejabat terkait dan dipastikan kondisi Subang baik-baik saja. “Alhamdulillah enggak ada kerusakan apa-apa,” katanya.

Menurutnya, gempa bersumber di lempengan bawah laut sehingga daratan Subang dipastikan aman. Meski begitu, dia meminta seluruh pihak bersiaga untuk mengantisipasi ancaman gempa susulan yang bisa terjadi kapan saja.

“Tetap waspada, siaga. Dan terus berkoordinasi diantara pihak-pihak terkait,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds