Perbaikan Trotoar dan Gorong-gorong di Bandung Keliru

Gorong-gorong di Bandung. (rian)

Gorong-gorong di Bandung. (rian)


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG
–Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jawa Barat menuduh Pemerintah Kota Bandung keliru dalam memperbaiki trotoar dan gorong-gorong. Sebab, pembangunan tersebut justru akan memperparah banjir cileuncang di Kota Bandung.


Kepala BPLHD Provinsi Jabar Anang Sudharna mengatakan, menurutnya banyak kekeliruan pembangunan di Kota Bandung. Kawasan-kawasan serapan air menurutnya semakin sempit, padahal di sisi lain pembangunan berjalan massif di sejumlah tempat.

“Saya yakin, setelah pembangunan trotoar di Jalan Dago selesai, banjir cileuncang di Kota Bandung akan makin parah karena ada kekeliruan dalam pembangunan trotoar ini,” kata Anang. Ini terjadi karena semakin habisnya lahan resapan air hujan.

Tak hanya itu, pembangunan gorong-gorong pun menurutnya keliru. Seharusnya, kata dia, di bawahnya dibiarkan tanah jangan ditutup beton.

Sehingga, menurut Anang, pembangunan di Kota Bandung hanya tampak bagus di permukaan namun tidak ramah lingkungan. Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jabar Dadan Ramdan mengkritik program pembangunan Pemkot Bandung yang belum prolingkungan. “Sejauh ini pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot dan DPRD Kota Bandung belum terlihat memberikan perhatian kepada lingkungan,” katanya.

Dia menyontohkan, pembangunan trotoar yang kini tengah dikerjakan Pemkot Bandung tidak seimbang karena kurang didukung drainase yang baik. “Pembangunan di Kota Bandung ini belum tertata dengan baik, drainase luput dari penataan,” katanya.

Dia menilai, ketika hujan turun, volume air meluap dan mengakibatkan banjir cileuncang. “Seharusnya Pemkot Bandung tidak membangun trotoar dan gorong-gorong di saat musim hujan seperti sekarang, nanti saja di saat musiim kemarau. Kita lihat sekarang, galian tanah di pinggir jalan menambah kotor Kota Bandung,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …