Fungsi Inspektorat Harus Lebih Tegas Mencegah Pungli di Kabupaten Bandung

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Komisi A DPRD Kabupaten Bandung menilai tidak perlu membentuk Satuan Tugas (Satgas) Operasi Penanganan Pungli (OPP).


Instrumen yang ada, baik di inspektorat maupun pengawasan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah ada, sehingga yang harus dilakukan adalah pengoptimalan dari setiap fungsi yang ada ini.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bandung, Agus Ahmadi mengatakan, untuk lembaga di daerah, sebenarnya tidak perlu lagi dibentuk Satgas.

Alangkah baiknya, kata dia jika mengefektifkan fungsi Inspektorat sebagai pengawas internal pemerintahan. Namun demikian, kata dia, dengan adanya kebijakan OPP ini diharapkan fungsi Inspektorat bisa lebih tegas lagi.

“Saya pikir untuk di daerah tidak perlu lagi ada Satgas OPP. Tapi lebih baik meningkatkan kinerja dari fungsi yang ada, yakni Inspektorat, begitu juga dengan kami di DPRD pun akan berupaya meningkatkan kinerja, terutama dalam hal pengawasan pelayanan publik. Untuk menghindari dan memberantas pungli serta tindakan-tindakan penyimpangan lainnya,” kata Agus, Senin (17/10).

Agus mengakui, jika selama ini pelaksanaan pelayanan publik di Kabupaten Bandung masih harus terus diperbaiki. Dengan tujuan untuk mencapai tingkat kepuasan masyarakat akan pelayanan yang diberikan pemerintah daerah.

Kata dia, berbagai keluhan terkait berbagai pelayanan publik itu termasuk dugaan-dugaan terjadinya praktik pungli.

“Yah memang berbagai pelayanan publik itu harus terus ditingkatkan. Agar bisa mencapai kepuasan publik dalam hal pelayanan, termasuk juga memberantas praktik-praktik pungli,” ujarnya. (apt)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …