Keunggulan Khasiat Kopi Jabar bagi Kesehatan

Kopi Ciwidey Kabupaten Bandung, salah satu kopi unggulan Jawa Barat yang tembus pasar nasional dan eropa

Kopi Ciwidey Kabupaten Bandung, salah satu kopi unggulan Jawa Barat yang tembus pasar nasional dan eropa

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Siapa yang tidak menyukai kopi? Saat ini kopi tidak hanya jadi idola para kaum Adam saja, bahkan banyak juga wanita yang gemar mengkonsumsi minuman berwarna hitam pekat ini. Selain rasa pahitnya yang khas sehingga diminati banyak orang, minuman ini juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup di kota-kota besar. Namun, banyak orang yang melupakan efek samping dari kopi itu sendiri, biasanya kopi akan berdampak buruk bagi mereka yang memiliki masalah dengan lambung (maag).

Indonesia kaya dengan produksi biji kopi. Jawa Barat menjadi salah satu provinsi paling banyak yang memproduksi biji kopi. Kopi asal Jawa Barat ternyata memiliki ciri khas dan aroma yang berbeda di tiap wilayah dan aman bagi lambung.

Seperti halnya, Direktur Marketing Ramen Jangar 69 Plus Plus yang berlokasi di Depok, Rizka Rahman Sidik menyuguhkan banyak jenis kopi asal Jawa Barat di kedai miliknya. Rata-rata kopi yang disuguhkan adalah jenis arabika yang aman bagi lambung.

Rizka menyebut kopi Jawa Barat diantaranya dari Lembang, Aroma Bandung, Cikurai, Garut, Pengalengan, Ciwidey, dan Banjaran. Masing-masing memiliki rasa yang khas dan aroma yang berbeda.

“Ada kopi Garut, Lembang, hingga Aroma Bandung. Di Jawa Barat lebih unggul rasanya karena ditanam di topografi wilayah dengan suhu yang lebih rendah,” kata Rizka.

Selain itu, kopi Garut rasa asamnya lebih kuat dan pahitnya lebih rendah. Kopi ini cocok untuk penderita sakit maagh. Kopi Lembang rasa pahitnya lebih kuat dan rasa asamnya tidak ada. Sedangkan kopi aroma Bandung aromanya wangi dan khas.

“Kopi arabika memang lebih aman untuk lambung dibanding robusta yang lebih kuat. Kami pakai kopi aroma Bandung misalnya untuk menu kopi Vietnam Drip,” jelasnya.

Rizka menjelaskan untuk menu kopi lebih baik memilih kopi hitam daripada latte. Kopi hitam, kata dia, lebih sehat untuk jantung.

“Kopi hitam yang murni tak pakai gula itu lebih baik untuk jantung. Lebih sehat dari latte karena mengandung lemak,” jelas Rizka. (JPNN/bas)

Loading...

loading...

Feeds